Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

4 Poin Pentingnya Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis
Pentingnya Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis - Peranan Email Dalam Bisnis dan Teknologi
Situsnesia.com - Kemajuan di sektor teknologi kini kian menjamur hingga sektor industri, mau tak mau perusahaan harus siap menerima dan menyambut kemajuan teknologi. Di era teknologi industri saat ini, teknologi memiliki efek penting pada operasi bisnis. Tak peduli dengan ukuran suatu perusahaan yang Anda miliki, teknologi mampu memberi manfaat yang akan membantu perkembangan bisnis Anda.

Kini teknologi mampu mempengaruhi kemampuan pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Perkembangan teknologi dalam dunia bisnis dapat dilihat dari bagaimana para pelaku bisnis memperluas jangkauan dalam bentuk komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu hal penting untuk menjalin hubungan dengan pengguna atau pelanggan.

Kami akan membahas beberapa hal tentang penggunaan email dalam bisnis, apa itu email profesional, manfaat email profesional untuk bisnis, dan pemanfaatan domain untuk website.

1. Penggunaan email dalam bisnis

Pelaku bisnis saat ini dapat memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis mereka. Khususnya dalam hal berkomunikasi, penggunaan email sangatlah penting untuk membangun kepercayaan kuat dari pelanggan. Lalu, mengapa harus menggunakan email? bukannya saat ini pelaku bisnis bisa memanfaatkan sosial media saja untuk mendapatkan pelanggan? Hal tersebut tentu boleh saja Anda lakukan. Namun, mungkin banyak dari Anda belum tau bahwa cara termudah untuk mempromosikan bisnis adalah melalui email.

Dengan adanya email, para pelaku bisnis mampu dengan mudah memiliki jaringan pemasaran digital. Mereka dapat memberikan informasi terbaru seputar bisnis yang dijalankan. Informasi inilah yang akan muncul sebagai notifikasi untuk disampaikan kepada pelanggan. Apabila dilakukan dengan cara yang tepat, maka Anda dapat merangkul pelanggan dengan baik. Ketika pelanggan mulai memiliki kepercayaan, Anda bisa dengan mudah memasarkan apapun produk dalam bisnis Anda.

2. Apa itu email profesional?

Ketika Anda mulai memahami pentingnya peran email dalam bisnis, sekarang saatnya Anda memahami apa itu email profesional. Email profesional adalah sebuah email yang didalamnya terdapat alamat domain pribadi. Domain pibadi yang dimaksud adalah domain perusahaan atau bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis di bidang tekstil batik dan memiliki domain batik.id. Disini anda dapat menggunakan email biasa(etekstilbatik@gmail.com) menjadi email profesional(etekstil@batik.id). Dengan ini Anda dapat mengkreasikan nama alamat email profesional sendiri sesuai kebutuhan.

Format alamat email profesional:
NamaEmail@DomainAnda.Ekstensi

Setelah memahami beberapa topik dan penjelasan tentang mengapa email penting untuk bisnis dan apa itu alamat email profesional. Sekarang saatnya Anda mengetahui dan memahami apa saja manfaat email profesional untuk bisnis.

3. Manfaat email profesional untuk bisnis

Manfaat Penggunaan Email Profrsional Untuk Bisnis Anda
Manfaat Penggunaan Email Profesional Untuk Bisnis Anda
Bagi pelaku usaha, email profesional dirasa memberi pengalaman sangat baik bila dibandingkan dengan menggunakan email biasa. Apabila Anda masih bertanya-tanya tentang mengapa harus menggunakan email khusus untuk bisnis, jika email biasa memiliki fungsi yang sama untuk kirim pesan. Berikut akan kami bahas keunggulan dan manfaat menggunakan email khusus untuk bisnis.

Memberi citra positif


Perusahaan atau bisnis akan lebih profesional dengan adanya alamat email bisnis. Ini menunjukkan kepada masyarakat jika perusahaan anda memang benar-benar ada dan berdiri secara profesional. Pelanggan juga akan menganggap usaha anda dapat dipercaya atau bukan perusahaan fiktif belaka. Karena di era digital saat ini, banyak sekali kasus penipuan berawal dari email perusahaan.

Keperluan bisnis


Pada kasus ini, alamat email umum (gmail.com, yahoo.com, dll) akan memberi kesan bahwa perusahaan atau bisnis yang dijalankan masih baru atau kecil. Berbeda dengan email profesional yang memberi kesan bahwa perusahaan atau bisnis yang didirikan sudah berpengalaman dan layak untuk dipertimbangkan.
Email Profesional Email Umum
tekstil@batik.id tekstilbatik@gmail.com
karir@batik.id karirbatik@gmail.com
hrd@batik.id hrdbatik@gmail.com
profil@batik.id profilbatik@gmail.com

Bila dilihat dari contoh diatas Anda juga dapat mengkategorikan email profesional sesuai kebutuhan. Tentu ini menjadi lebih menarik untuk dilihat daripada email umum yang sangat sulit diingat bahkan bisa dianggap sebagai spam.

Bangun kredibilitas dan kepercayaan


Seperti yang telah disampaikan pada poin pertama, maraknya penipuan informasi email dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Biasanya mereka mengirimkan informasi pribadi ke beberapa konsumen menggunakan email umum. Sehingga hal ini akan menurunkan tingkat kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap usaha atau bisnis yanf dijalankan. Maka dari itu, email profesional dapat memberi keamanan dan jaminan pada pelanggan Anda. Konsumen akan mengetahui dengan mudah bahwa alamat email profesional merupakan tempat terpercaya bila dibandingkan dengan email umum.

Hemat dan praktis


Pembuatan email profesional atau email domain tidak membutuhkan biaya yang mahal. Selain itu, anda dapat membuat alamat email domain melalui penyedia domain atau hosting web dengan mudah. Jadi, tidak perlu menunggu waktu lama untuk memikirkan email bisnis

Branding


Mungkin inilah kelebihan yang paling banyak dirasakan. Branding tidak melulu melalui iklan di sosial media yang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun, Anda bisa mengganti iklan tersebut melalui branding atau mempromosikan bisnis melalui email profesional. Cara ini terbukti cukup efektif  dan tidak perlu menghabiskan banyak uang. Cobalah untuk belajar memulai

Kami akan menyajikan sedikit cuplikan video untuk menambah pengetahuan dan pemahaman Anda dari beberapa hal yang telah kami sampaikan. Berikut cuplikan video tentang pentingnya membuat email bisnis.


4. Pemanfaatan domain untuk website

Pemanfaatan domain untuk website bisnis
Pemanfaatan domain untuk website
Domain tidak hanya digunakan untuk membuat email bisnis, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat website. Domain biasanya mengikuti nama brand bisnis atau usaha Anda. Jadi, usahakan untuk membuat nama yang unik dan menarik agar pelanggan atau calon pembeli tertarik dan mudah untuk mengingat nama tersebut.

Mengapa website penting untuk pelaku bisnis? Berikut akan kami jelaskan sedikit tentang pentingnya domain untuk website bisnis atau penjualan. Sebagai contoh Anda memiliki bisnis atau usaha kain batik. Anda telah memasarkan produk melalui sosial media dan pelanggan akan langsung menghubungi Anda. Lalu, bagaimana jika anda memiliki ratusan bahkan ribuan pelanggan yang menghubungi Anda secara langsung? Pasti akan dibuat kewalahan menghadapi beberapa pelanggan tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan suatu wadah untuk menampung ratusan bahkan ribuan pengguna tersebut.

Website dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas. Anda bisa mencoba untuk menggunakan website sebagai wadah para kustomer. Disini anda tidak perlu bersusah-payah untuk mempromosikan semua produk Anda. Karena cukup mempromosikan website ke sosial media agar mereka dapat langsung melihat keseluruhan produk Anda. Dengan adanya website juga akan membuat alur penjualan menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk memanajemen data. Jadi, cobalah untuk membuat alur yang baik dan terstruktur untuk bisnis dan usaha Anda.

Lalu bagaimana jika saya tidak mampu membuat website sendiri? Menyewa programmer butuh biaya jutaan? dan bagaimana jika saya tidak bisa membuat emailbisnis? Jangan khawatir, karena ada salah satu penyedia layanan domain dan email profesional di Indonesia seperti Rumahweb. Rumahweb menyediakan email Gsuite, domain, hingga hosting yang cocok digunakan untuk menunjang bisnis Anda. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki basic IT atau Programmer, karena Rumahweb menyediakan jasa pembuatan web dan layanan yang terbaik. Jadi, Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa programmer atau tim ahli IT.


Sekian pembahasan kami tentang "4 Poin Penting Penggunaan Email Profesional Untuk Bisnis". Ini hanyalah sebagian catatan kecil dari pemanfaatan email untuk bisnis Anda. Jangan lupa share bila dirasa artikel ini bermanfaat, Terimakasih.
Related Posts
Admin Situsnesia
Aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.

Related Posts

6 comments

  1. bener tuh gan email bisnis itu sangat penting apalagi untuk kepercayaan para pelanggan dan juga kita bisa dapetin email bisnis dengan modal email saja tanpa hosting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, itu termasik salah satu manfaat penggunaan email profesional dalam bisnis.

      Delete
  2. Email bisnis memang sangat penting untuk memudahkan pelanggan dalam berinteraksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain memudahkan, pelanggan juga akan memiliki rasa aman dan tidak adanya indikasi akun email penipuan.

      Delete
  3. Kekuatan branding sangat penting dalam dunia bisnis. Contohnya dengan menggunakan email bisnis. Namun untuk mendapatkan hal itu diperlukan pengeluaran yg lebih dr biasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, tentunya pelaku bisnis harus pintar mengatur pengeluaran. Khususnya dalam memilih penyedia layanan email profesional terbaik dan terpercaya.

      Delete