belajar bahasa pemrograman otodidak
BELAJAR PEMROGRAMAN SECARA OTODIDAK DALAM 1 BULAN

Seorang programmer komputer adalah seorang profesional yang terampil pengkodekan, menguji, mendebug, dan memelihara instruksi komprehensif yang dikenal sebagai program komputer yang harus diikuti perangkat untuk menjalankan fungsinya. Seorang programmer komputer juga disebut sebagai programmer, programmer, pengembang, atau insinyur perangkat lunak. Juga, istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada pengembang perangkat lunak yang berdiri sendiri, pengembang aplikasi seluler, pengembang Web, analis perangkat lunak, pengembang firmware tersemat, dan sebagainya.

Mungkin menurut sebagian orang untuk mahir komputer maka kamu harus duduk di bangku kuliah dengan biaya yang tentunya tidak murah. Hal ini tidak sepenuhnya benar dan tidak juga salah. Karena semua itu kembali kepada niat belajar tiap individu. Kelemahan dalam hal ini adalah sebagian besar gelar ilmu komputer sangat didorong oleh teori, dan kemungkinan kamu tidak akan keluar dengan keterampilan yang mumpuni seperti pengembangan web, ilmu data, atau AI, kecuali jika kamu mau belajar sendiri atau otodidak. Jadi sangat memungkinkan bagi kamu untuk belajar pemrograman secara otodidak dan menjadi seorang programmer handal. Programming bukan tentang kode, tapi tentang bagaimana menemukan solusi dari suatu permasalahan.

Pemrogramman komputer juga membuat konsep, merancang, dan menguji struktur logis untuk menyelesaikan masalah komputer. Dalam pemrogramman sering menggunakan bahasa komputer tertentu seperti C, C ++, Java, PHP, .NET, dll. Lalu bahasa pemrograman mana yang terbaik untuk dipelajari? di postingan yang lain telah dibahas tentang 7 bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari. Setelah kamu mengetahui berbagai jenis bahasa pemrograman terbaik maka sekarang kamu dapat mulai belajar pemrograman secara otodidiak. Langsung saja simak artikel "BELAJAR PEMROGRAMAN SECARA OTODIDAK DALAM 1 BULAN" hingga tuntas.

1. Ikuti Bootcamp Coding

coding bootcamp, BELAJAR PEMROGRAMAN SECARA OTODIDAK

Cara pertama belajar adalah dengan pergi ke bootcamp coding. Sebagian besar bootcamp berfokus pada pengembangan web. Kamu akan menemukan bahwa bootcamp coding benar-benar sesuai dengan gaya belajarmu, dan merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat kamu lakukan. Bootcamp ini biasanya berdurasi 3 bulan, bisa bersaing untuk masuk, dan biasanya ditujukan untuk orang-orang yang mencoba membuat perubahan karier.

Dengan bootcamp pengkodean, dan plus utama adalah bahwa mereka dibuat dengan kelompok kecil siswa dalam pikiran untuk pengalaman belajar terbaik. Bootcamp juga dapat beralih lebih cepat daripada lembaga pendidikan formal yang ada di Indonesia, sehingga mereka lebih unggul dalam pengajaran dalam keterampilan permintaan di industri. Mereka memberikan lingkungan terbaik untuk mempelajari cara membuat kode secepat dan seefisien mungkin.

Di indonesia terdapat berbagai macam Bootcamp Coding yang menawarkan model tempat Anda membayar setelah mendapatkan pekerjaan pertama Anda. Bootcamp ini juga bukan lembaga pendidikan tersertifikasi, yang bisa menjadi jalan keluar bagi sebagian orang. Terakhir, Anda kemungkinan besar harus meninggalkan semuanya (termasuk pekerjaan) selama 3 bulan untuk menuju bootcamp. Sementara beberapa menawarkan bootcamp jarak jauh paruh waktu, ini bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk menyelesaikannya. Jauh lebih efisien untuk melakukan 80 jam seminggu, rute 3 bulan.


2. Belajar dari situs internet

belajar pemrograman otodidak melalui internet

Belajar melalui sumber internet merupakan pilihan yang terbaik yang dapat kamu pilih. Karena dengan belajar di internet kamu tidak akan mengeluarkan banyak biaya alias gratis atau murah. Ada begitu banyak sumber daring yang dapat kamu gunakan untuk mencari informasi yang kamu butuhkan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa kamu akan memerlukan keterampilan ini jika kamu mengejar jalur karier ini. Ketika pendidikan berakhir setelah kamu keluar dari sekolah kamu harus secara konsisten belajar untuk mengikuti tren dan teknologi baru sepanjang karir mu.

Salah satu kesulitan dari belajar melalui situs di internet adalah bahwa tidak ada struktur atau tekanan eksternal yang disediakan. Kamu akan benar-benar sendirian. Bagian tersulit adalah bahwa kamu “tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui”, dan tidak ada yang membimbing dalam dunia teknologi yang tampaknya tak terbatas. Kamu dapat melihat program Ossu di GitHub yang merupakan sumber yang bagus untuk orang-orang yang belajar pemrograman secara otodidak.

Yang terakhir dan yang terbesar adalah masalah kepercayaan diri. Bagian tersulit dari teknologi (menurut saya) bukanlah aspek teknis, tetapi bagian kepercayaan pada diri sendiri. Sindrom imposter adalah nyata, dan ketika itu menyerang, Anda tidak akan memiliki siapa pun untuk diajak bicara atau berkomunikasi. Anda harus menemukan seseorang untuk berkomunikasi aktif, apakah itu melalui komunitas pribadi atau komunitas online.


4. Belajar dari sumber buku

Belajar pemrograman secara otodidak melalui buku

Kamu dapat membeli buku bagus yang berisi referensi lengkap tentang bahasa pemrograman apa yang kamu pilih. Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang populer untuk saat ini. pelajarilah secara teratur konsep-konsep baru dan implementasikan/praktikkan secara rutin pada laptop yang kamu miliki. Jika beberapa temanmu juga tertarik pada bahasa pemrograman yang sama, maka kamu dapat minta mereka semua untuk mulai mempelajari topik yang sama, diskusikan dengan mereka. Dengan berdiskusi kamu dapat menghapus keraguan pada dirimu.


4. Belajar dari sumber video

Belajar pemrograman otodidak melalui youtube

Bagi kamu yang ingin memulai belajar pemrograman sendiri, itu relatif mudah tergantung pada seberapa besar komitmen yang kamu miliki. Jika kamu memiliki tekad yang kuat untuk memahami bahasa pemrograman dengan sempurna, Tidak ada cara terbaik untuk belajar pemrograman daripada belajar melalui bootccamp coding dan video tutorial. Metode video jauh lebih baik daripada mempelajarinya melalui aplikasi atau situs seperti codeacademy, Udemy, atau sejenisnya.

Jika kamu mempelajari pengkodean melalui video, maka kamu bisa menjeda video, memahami, dan melanjutkan video. Bahkan kamu dapat mengunduh untuk menonton berulang kali dan percayalah, setiap video yang kamu tonton lebih dari 3 kali akan lebih cepat melekat di otak.


Untuk menonton video tutorial, tidak ada tempat yang lebih baik daripada youtube dan secara pribadi, saya akan merekomendasikan tutorial yang dilakukan oleh akademi Microsoft. pastikan kamu mulai menonton dari video bagian satu karena video dibagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah bagi pelajar untuk memahami apa yang diajarkan dalam video tersebut.


Kesimpulan

Secara keseluruhan, ada banyak jalan yang bisa kamu tempuh. Saya akan merekomendasikan bagi siapa pun yang lebih muda untuk berpikir tentang mendapatkan gelar sarjana atau langsung ke bootcamp pengkodean. Jika kamu sudah menempuh jalur karier yang berbeda dan ingin beralih, mulailah dengan rute otodidak untuk melihat apakah pengkodean cocok untuk dirimu, dan kemudian masuk ke coding bootcamp. Jika kamu sudah memiliki mentor eksternal, atau orang lain yang dapat membimbing, ikuti rute otodidak. Tetapi kamu akan membutuhkan semacam referensi untuk membuatmu tetap di jalur sepanjang perjalanan. Ini hanya saran saya, tetapi tergantung pada situasi, jangan ragu untuk melakukan apa pun yang sesuai dengan kebutuhan, gaya belajar, dll. Jika kamu memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya!
Baca juga:

Tambahkan komentar

Previous Post Next Post