Tahukah kamu mengapa belajar bahasa pemrograman itu penting?. Sebagian besar orang saat ini masih melihat koding atau pemrograman komputer sebagai kegiatan yang hanya menarik bagi sebagian orang saja seperti yang terlihat saat ini. Namun, kenyataannya pengkodean menjadi jenis literasi yang lebih baru. Ini adalah keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era digital saat ini (era industri 4.0). Bagi kebanyakan orang, memiliki setidaknya tingkat keterampilan dasar dalam pemrograman akan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan smartphone, menghubungkan perangkat, dan mengelola file di berbagai platform.

Pertimbangkan semua manfaat dari mendukung pemrograman pembelajaran pada masa muda dengan membantu masyarakat di lingkungan untuk belajar pemrograman komputer. Dengan sharing informasikepada masyarakat kamu bahkan dapat belajar hal baru bersama mereka. Namun, berhasil mempelajari satu bahasa tidak berarti bahwa pekerjaan itu selesai. Pada kenyataannya, belajar hanya satu bahasa pemrograman dapat secara dramatis membatasi peluang karir dan potensi pendapatan, karena saat ini teknologi terus berkembang dan bahasa pemrograman baru mulai muncul. Dengan belajar bahasa pemrograman kamu bisa mendapat beragam manfaat bahkan kamu bisa membantu masyarakat disekitarmu. Lalu apa saja manfaat yang kamu dapatkan dari mempelajari bahasa pemrograman? Berikut pembahasan mengenai manfaat mempelajari bahasa pemrograman.



PEKERJAAN MENJADI LEBIH EFISIEN DAN PRODUKTIF

manfaat belajar bahasa pemrograman, produktif dan efisien, pemrograman dasar

Jelas ini merupakan alasan pertama kamu harus belajar bahasa pemrograman. Sekarang coba melihat ke masa lalu, kamu pasti tahu komputer pertama sangat lambat dalam hal kinerja. Tapi seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat maka, hal itu juga akan berubah cukup cepat. Smartphone yang ada sekarang memiliki daya komputasi lebih dari yang diperkirakan 20 tahun yang lalu. Dan kehebatan tentang komputer adalah mereka mampu melakukan tugas yang dirasa berat bagi manusia. Komputer bahkan smartphone tidak akan pernah lelah, mereka tidak pernah mengeluh tentang betapa membosankan pekerjaan mereka, dan hebatnya lagi mereka tidak pernah membuat kesalahan selama perintah dari manusia juga benar. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan kekuatan komputer dengan menulis program sendiri. Dengan menulis program sendiri memungkinkan untuk mendapatkan waktu yang efisien dan lebih produktif dalam menyelesaikan tugas.

Untuk lebih jelasnya dengan beberapa keterampilan pemrograman dasar, kamu akan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Dan dengan lebih sedikit kesalahan. Kamu dapat meningkatkan produktivitas tanpa batas, hanya dengan menggunakan kreativitas Anda untuk memecahkan masalah Anda dengan kode. Pastikan jika kamu memiliki keterampilan dan solusi, maka jangan lupa membagikan pengetahuanmu kepada orang lain terutama pada masyarakat yang membutuhkan.



MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH DAN CARA BERPIKIR

manfaat belajar bahasa pemrograman, bahasa pemrograman

Telah ditunjukkan bahwa belajar kode atau bahasa pemrograman dapat membantu kinerja otak melakukan lebih baik dalam mata pelajaran lain yang sedang kamu pelajari. Mengapa demikian? karena dalam pemrograman, kamu akan belajar bagaimana cara memecah masalah menjadi langkah-langkah individual dan menggunakan bahasa yang dimengerti komputer untuk membuat program kerja secara logis. Dengan melakukan hal itu, kamu akan mengembangkan pola pikir tertentu dalam mendekati masalah dan memproses sejumlah besar informasi yang diperlukan dengan menaklukkan topik baru apa pun. Dengan kata lain, kamu akan belajar untuk melihat masalah dari gambaran yang lebih besar dan beradaptasi untuk bekerja melalui logika untuk menyelesaikan suatu masalah.

Penting untuk belajar cara berpikir dulu (algoritma pemecahan masalah), sebelum benar-benar mempelajari apa itu kode dalam pemrograman. Belajar kode lebih dari sekedar belajar bahasa komputer, ini tentang menciptakan pola pikir yang efektif dan produktif terhadap pemecahan masalah yang secara positif akan memengaruhi setiap upaya intelektual baru yang kamu lakukan.



DAPAT MEMAHAMI CARA KERJA PERANGKAT LUNAK

CARA KERJA PERANGKAT LUNAK, BELAJAR PEMROGRAMAN, MANFAAT BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN

Untuk manfaat yang satu ini dapat dilihat dari setiap kali kamu menggunakan komputer atau smartphone, disitu kamu akan berinteraksi dengan program yang berjalan di latar belakang dengan menggunakan mouse, keyboard, dan touchscreen misalnya. Nah, Jika kamu tahu hanya dasar-dasar bahasa pemrograman dan logika di balik program, kamu dapat mempelajari cara menggunakan alat baru dengan upaya yang jauh lebih sedikit di masa depan. Seperti halnya kamu dapat membangun rumah hanya dengan menggunakan teknologi 3d printer yang sedang trend saat ini.

Secara keseluruhan, mengenal berbagai perangkat, perangkat lunak, situs web, dan aplikasi yang berbeda dapat membantu untuk memahami dan mengadopsi alat teknis baru dengan lebih mudah. Tidak heran remaja bahkan anak-anak sekarang bisa tahu lebih banyak tentang cara kerja laptop atau smartphone saya daripada saya sendiri meskipun saya bekerja dengannya setiap hari. Mereka tumbuh dengan smartphone dan beragam informasi di tangan mereka. Sehingga hal ini akan menjadi dampak yang positif apabila mereka mampu memanfaatkan informasi yang ada untuk mempelajari cara kerja penggunaan peranggkat yang baru di masa mendatang.


HASILKAN LEBIH BANYAK UANG DAN TINGKATKAN POTENSI GAJI

manfaat bahasa pemrogtaman, koding, menghasilkan uang

Belajar koding atau bahasa pemrograman bisa menghasilkan uang? Keberhasilan finansial adalah tujuan penting bagi banyak orang, dan belajar kode atau bahasa pemrograman dapat memiliki dampak signifikan di sana. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang?. Hal ini sangat memungkinkan bagi kamu yang memiliki kemampuan pengkodean(ngoding) atau jika kamu seorang programmer cobalah untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi sebagian besar masyarakat saat ini. Apa pun karier, profesi, atau latar belakangmu, jika kamu mampu memanfaatkan keterampilan pemrograman maka ini akan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Peluang karir dari belajar coding atau bahasa pemrograman dibahas di bagian sebelumnya, dan kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya.

Tren bahasa pemrograman berubah seiring waktu dan kemungkinan kamu akan diminta untuk mempelajari bahasa baru selama kamu memiliki karier dalam bidang tersebut. Sementara sebagian besar pengusaha akan membayar untuk mempelajari bahasa baru jika diperlukan karena alasan bisnis, mereka biasanya bersedia membayar lebih awal untuk mereka yang sudah tahu bahasa atau mereka yang telah membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk belajar lebih dari satu bahasa. Orang-orang ini lebih berharga bagi perusahaan dan biasanya akan dibayar lebih dari pada pengembang yang hanya tahu satu bahasa pemrograman saja.

Baca Juga : 7 BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI MASA DEPAN

Selain maju dalam pekerjaan, keterampilan coding juga bisa sangat membantu jika kamu ingin terbang sendiri. Ada banyak pengembang yang menerapkan kemampuan pengkodean untuk memulai bisnis mereka sendiri, seperti membuat situs web untuk orang lain. Orang lain akan menggunakan keterampilan mereka untuk menghidupkan ide bisnis mereka sendiri. Seperti halnya dwibahasa memberi orang keunggulan dalam pencarian pekerjaan mereka, mengetahui beberapa bahasa pemrograman membuka lebih banyak kemungkinan atau peluang pekerjaan dan memungkinkan untuk memilih jalur karier mana yang ingin diambil. Kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memilih peran (dan perusahaan) yang kamu sukai, daripada terjebak dengan pilihan yang terbatas. Sebagai contoh, banyak pendiri startup yang sukses saat ini memiliki setidaknya beberapa keterampilan dalam pengkodean.



MENJADI LEBIH PERCAYA DIRI

Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah mengetahui bahwa kamu telah mencapai sesuatu yang hebat atau kamu memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu yang sangat kompleks. Belajar kode akan memberimu kegembiraan dan pemberdayaan itu!. Misalnya saja dalam pembuatan web kamu masih bergantung pada template orang lain. Bayangkan jika kamu mampu membuat template sendiri, disini kamu akan mendapat banyak kepuasan karena mengetahui kalau kamu tidak lagi harus bergantung pada template orang lain ketika kamu ingin membuat situs web untuk menjual produk atau layanan. Bahkan, kamu tidak perlu lagi menunggu orang lain mengembangkan program untuk membantu meningkatkan alur kerja di suatu bidang pekerjaan.

Kamu akan semakin percaya diri dalam menggunakan komputer dan berinteraksi dengan internet, saat kamu memahami cara kerjanya dan bagaimana semuanya menyatu di belakang layar. Pada akhirnya, kepercayaan dirimu akan meningkat ketika mampu untuk mengatasi masalah dalam teknologi.



MENJADI WIRASWASTA DAN MEMULAI BISNIS SENDIRI

Ini adalah salah satu manfaat yang paling berharga ketika kamu menjadi seorang programmer dimana kamu dapat memanfaatkan pengkodean seperti kekuatan super. Mengapa demikian? karena mengetahui cara membuat kode akan memberi begitu banyak peluang untuk memulai bisnis sendiri berdasarkan keterampilan teknologi yang telah ada atau baru. Untuk saat ini bisa kita lihat banyak sekali peluang bisnis yang memanfaatkan suatu teknologi, seperti:
  • Membuat game
  • Mendirikan toko online
  • Membangun aplikasi seluler
  • Mulai agensi desain web sendiri
  • Mulai agensi aplikasi perusahaan
  • Menawarkan kursus coding dan bimbingan online
  • Meninjau produk di situs web dan mendapatkan penghasilan iklan
  • Menjual lisensi untuk media, misalnya sebagai fotografer profesional

Banyak sekali pilihan yang hampir tak ada habisnya. Dan yang lebih baik lagi adalah bahwa ada banyak permintaan untuk semua area ini secara online. Sekarang yang kamu butuhkan adalah rencana yang bagus. Ketahui apa yang ingin kamu capai, cari tahu alat yang perlu kamu pelajari, dan mulailah!. Siap memulai? Mulailah segera dengan 8 situs web luar biasa ini di mana Anda dapat belajar coding secara gratis !. Lakukan itu dengan serius maka kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Baca juga:

18 Comments

  1. Mantap sekali artikelnya mas, bermanfaat banget bagi saya yang pemula belajar html, css dan yang masih bingung belajar PHP . hehe

    Sukses kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mbak, atas kunjungannya ini baru pengenalan sebelum membahas yang lebih dalam

      Delete
  2. mantap gan, dari dulu saya udah suka dengan IT, tapi karena keluarga saya menyuruh untuk kuliah di teknik sipil, jadi ya belajar otodidak deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh sukses selalu gan.
      Baru mau publish artikel tentang belajar otodidak

      Delete
  3. Ternyata banyak ya manfaat belajar pemograman

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Apalagi kalau kolaborasi dengan orang lain. Pasti lebih keren

      Delete
  5. Di era digital seperti saat ini, belajar pemogramaan sangat tepat dan berpeluang besar untuk masa depan nanti.
    Mantap informasinnya

    ReplyDelete
  6. memang jika sering atau terbiasa berinteraksi dengan pemrograman menjadikan kita lebih tanggap dan cepat menerima atau mudah memahami saat mau berhadapan dengan perangkat lunak baru sekalipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul, karena hampir setiap bahasa pemrograman memiliki dasar pemrograman dan struktur yang sama :)

      Delete
  7. Ditunggu dong artikel, Tips dan trik mudah memahami bahas program gan

    ReplyDelete
  8. belajar pemograman logika harus jalan terus.. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post