Tips agar tubuh sehat dan bugar
7 Tips agar tubuh sehat dan bugar

TUBUH sehat dan bugar merupakan dambaan setiap orang. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi referensi  agar Anda bisa hidup nyaman. Sehat sering kali dikatakan sebagai sesuatu hal yang mahal. Namun bila tahu rahasianya, sehat dapat dijalankan dengan cara yang sederhana.

Atasi depresi dengan minum kopi

minum kopi untuk menangkal depresi

Mungkin anda mengerti bahwa kafein dapat menuai efek buruk pada kesehatan. Tapi, kafein tercipta bukan tanpa manfaat sama sekali. Penelitian terbaru dari Havard School of Public Health menyatakan secangkir kopi dipagi hari tidak hanya memberikan ekstra energi, tetapi juga meningkatkan suasana hati yang berlangsung lebih lama dari yang kita sadari.

Pasalnya, para peneliti yang menuangkan hasil penelitiannya pada Journal of American Medicine Association menyimpulkan bahwa kafein bekerja seperti anti depresan dengan menghentikan produksi beberapa hormon seperti serotonin. Sehingga kopi yang mengandung kafein dapat mengurangi perasaan depresi pada seseorang.

Kunyah permen karet agar kekuatan otak meningkat

Tips polahidupsehat, hindari pemanis buatan

Tahukah anda mengunyah permen karet dapat menghadirkan rasa lebuh waspada pada otak Anda. Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa mengunyah permen karet, khususnya rasa mint secara dramatis dapat mengurangi perasaan lelah. Sementara itu, studi penelitian terpisah menunjukkan bahwa permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan daya ingat otak.

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Tips pola hidup sehat

Salah satu pemicu yang menyebabkan munculnya penyakit mematikan seperti kanker dan jantung malah diakibatkan dari kebiasaan duduk Anda yang terlalu lama. Untuk mengimbangi hal tersebut, para ahli menganjurkan agar selalu mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan. Dan jangan lupa untuk tidak merokok dan minum-minuman yang berakohol karena hal ini sangat tidak baik kesehatan tubuh Anda.

Olahraga agar sehat, bukan untuk lebih kurus

olahraga agar sehat, dan untuk menurunkan berat badan

Meskipun banyak orang yang menjalankan olahraga sebagai terapi penurunan berat badan, tetapi program itu tidak akan pernah berhasil jika tidak dikombinasikan dengan diet yang tepat.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The British Journal of Sports Medicine menemukan, ketika sekelompok orang gemuk menyelesaikan 12 minggu latihan kardio, walaupun melakukan exercise dalam pantauan trainer, teteapi tidak mengubah pola makan, maka tidak mengalami hasil penurunan berat badan yang signifikan. Jadi, penting untuk diingat bahwa olahraga bukan semata untuk menurunkan berat badan. Olahraga penting untuk kesehatan tubuh dan memberikan banyak manfaat pada diri seseorang

Jaga pola makan / Pola makan sehat

Hindari makan makanan berminyak

Begitu kita terbiasa dengan hal ini, kita akan mulai menyukainya, salah satu cara untuk melakukannya adalah berhenti makan saat kita kenyang. Saat kita telah terbiasa mendengarkan tubuh, maka kita akan terbiasa merasakan sensasi kenyang dan perasaan ringan. Dengan cara ini, kita akan mampu berhenti makan sebelum kenyang yang membantu kita untuk tetap mengonsumsi nutrisi yang cukup tanpa membuat kita mengalami penumpukan lemak.

Hindari gula berlebih seperti halnya menjauhi rokok

menjauhi rokok, tips pola hidup sehat dan bugar

Meskipun gula tidak memiliki stigma yang melekat seperti merokok, tetapi faktanya banyak orang mengonsumsi makanan manis, terutama sebagai makanan selingan atau pencuci mulut, bisa sama buruk dampaknya seperti Anda menyalakan sebatang rokok. Demikian yang dijelaskan tim penelitian dari University of California. Oleh karena itu, konsumsi gula harus diatur.

Asupan gula yang tinggi akan meningkatkan jumlah insulin. Insulin tidak  hanya berfungsi mengontrol tekanan gula dalam darah, tetapi juga memicu resiko kankerJumlah gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas, berkontribusi pada kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol dan diabetes, termasuk masalah pada organ hati. Menurut data yang ada hampir 35 persen kematian di dunia disebabkan oleh gula.


Rutin minum air putih dan istirahat yang cukup


Rutin dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari akan sangat membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Usai melakukan rutinitas atau kegiatan harian maka gunakan waktu yang ada untuk istirahat. Hindari penggunaan ponsel terlalu lama karena hal inilah yang dapat mengganggu waktu istirahat. Sehingga disarankan untuk mematikan ponsel pada saat waktu tidur, agar tidak mengganggu jam istirahat untuk merefresh tubuh yang lebih prima.


Baca juga:

4 Comments

  1. yang penting minum air putih sih, biar terhindar dari dehidrasi dan cairan tubuh jadi tercukupi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan perhatikan juga asupan gizi yang dibutuhkan tubuh kita

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post