Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi, Mudah dan Cepat

Penyebab dan Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi
Cara Keluar Mode Fastboot Xiaomi, Mudah dan Cepat
Bagi pemilik smartphone Xiaomi, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah fastboot, karena smartphone ini memiliki fitur dasar mode fastboot di sistemnya. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan mode fastboot itu? Dan apa solusinya jika Xiaomi milikimu mengalami hal ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan tentang mode fastboot di smartphone Xiaomi dan bagaimana cara keluar dari mode fastboot ini? Yuk, simak penjelasan berikut.

Lebih Dekat dengan Mode Fastboot

Fastboot adalah fitur dasar pada sistem smartphone Xiaomi yang berfungsi untuk flashing atau melakukan partisi ulang atau melakukan perbaikan sistem flash.

Pada umumnya, mode fastboot ini dibenamkan pada smartphone Android paket SDK atau software development kit. Adapun fungsi dari SDK adalah melakukan perbaikan atau up date instalasi. Selain itu, SDK juga berfungsi melakukan recovery pada sistem Android.

Nah, berdasarkan penjelasan tersebut, mungkin di benak kamu timbul pertanyaan apa penyebab Xiaomi mengalami mode fastboot? Penyebabnya adalah sebagai berikut.
  1. Mode fastboot bisa terjadi saat Android mengalami masalah saat pengisian baterai atau pengecasan.
  2. Adanya firmware atau eror sistem. Hal ini bisa saja terjadi karena sistem Android tidak dapat memuat sistem dengan baik.
  3. Tanpa sengaja menekan tombol volume di bagian bawah saat pertama kali menyalakan HP Xiaomi.
Itulah penyebab terjadinya mode fastboot pada Android Xiaomi. Namun, kamu tidak perlu bingung dan khawatir karena ada cara untuk mengatasinya. Simak dengan teliti, berikut merupakan cara keluar dari mode fastboot xiaomi.

Cara Keluar dari Mode Fastboot Xiaomi

Memang saat Android Xiaomi dalam kondisi mode fastboot terlihat seperti error dan tidak dapat digunakan. Namun kamu tak perlu khawatir, karena hal tersebut bukan berarti Android Xiaomi rusak melainkan sistem pada Android menjadi tidak normal dan tidak dapat digunakan dengan baik.

Nah, untuk mengatasinya, berikut adalah cara keluar dari mode fastboot di Android Xiaomi kesayanganmu.

1. Coba Lepas Baterai Xiaomi

Saat Xiaomi mengalami mode fastboot, coba lepas baterainya. Namun, jika Xiaomi milikmu adalah tipe smartphone Xiaomi tanam, tentu saja baterai tidak mudah dilepas. Oleh karena itu, bagi pemilik baterai tanam, kamu harus menunggu hingga baterai kehabisan daya.

Artinya tunggu daya smartphone sampai habis kemudian lakukan charge. Nah, setelah Xiaomi selesai charge, nyalakan kembali Xiaomi. Pastinya setelah dinyalakan mode fastboot akan hilang dengan sendirinya.

2. Gunakan Perintah Alternatif CMD

Cara lain untuk keluar dari mode fastboot adalah dengan cara menggunakan perintah alternatif CMD. Apa itu perintah CMD? Perintah CMD merupakan perintah dengan menggunakan command prompt yang dijalankan di komputer atau PC.

Kabarnya penggunaan perintah CMD ini dinilai aman dan ampuh untuk dilakukan. Adapun cara menggunakan perintah CMD untuk keluar dari mode fastboot adalah sebagai berikut.
  1. Pastikan ada kabel data USB Xiaomi untuk menghubungkan Android dengan perangkat komputer.
  2. Pastikan sistem operasi yang digunakan di perangkat komputermu adalah Windows 7. Selain itu, komputer milikmu sudah terinstal data driver ADB Fastboot.
  3. Aktifkan Xiaomi.
  4. Buka ADB Fastboot di komputer kemudian klik kanan pada File ADB Fastboot >> Extract Here. Lalu, masuklah ke Folder Fastboot.
  5. Gunakan kabel data USB untuk menghubungkan Xiaomi dengan komputer.
  6. Setelah Xiaomi dan komputer terhubung dengan baik, kemudian klik kanan di Folder ADB Fastboot >> tekan Open Command Windows Here. Pastikan Command Prompt muncul.
  7. Kemudian setelah Command Prompt muncul, ketik fastboot devices lalu tekan enter.
  8. Ketik perintah Fastboot Reboot lalu tekan enter. Kemudian tunggulah proses reboot hingga selesai sampai.
Setelah reboot selesai, Xiaomi perlu di-restart supaya keluar dari mode fastboot berjalan dengan sempurana.

3. Coba Gunakan Alternatif Tombol

Memang Xiaomi didesain memiliki beberapa kombinasi tombol. Salah satunya adalah tombol masuk ke mode fastboot. Oleh karena itu, terkadang tanpa sengaja pemilik Xiaomi masuk ke mode fastboot. Namun, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan alternatif tombol atau kombinasi tombol untuk keluar dari mode fastboot.

Adapun cara untuk keluar dari mode fastboot pada Xiaomi dengan menggunakan alternatif tombol adalah sebagai berikut.
  1. Cara pertama adalah dengan cara menekan tombol Power bersamaan dengan tombol Volume Bawah dan tahan sampai dengan Xiaomi melakukan restart. Pada saat Xiaomi restart akan muncul logo MI. Nah, saat itu lepaskan tombolnya. Kemudian tunggulah sampai Xiaomi selesai melakukan loading sistem dan aktifkan kembali Xiaomi.
  2. Cara kedua adalah dengan cara menekan dan menahan tombol Power selama 8 – 10 detik. Lakukan hal tersebut saat Xiaomi dalam kondisi mode fastboot. Kemudian tunggu sampai Xiaomi mati, lalu kembali aktifkan.
Langkah diatas adalah 2 cara untuk keluar dari mode fastboot dengan menggunakan alternatif tombol. Lakukan cara tersebut dengan benar supaya Xiaomi milikmu bisa keluar dari mode fastboot.

Itulah 3 cara keluar dari mode fastboot Xiaomi. Pilih salah satu cara jika Xiaomi milikmu pada kondisi mode fastboot. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantumu saat Xiaomi milikmu mengalami mode fastboot. Selamat mencoba.
Related Posts
Admin Situsnesia
Aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.
SHARE

Related Posts

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Kami, Gratis!

4 comments

  1. Dari kemarin nyari tutor begini gak dapet dapet, giliran ganti hp dapet heeddeehhh

    Keren mas, lebih sering lagi update beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Rahman, sebenarnya banyak tutorial menarik seperti ini di mogloger

      Delete
  2. Perlu juga tutor buat hape lain bg.

    Saya rekomendasikan oppo

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah akan kami buatkan bila banyak permintaan dari grub facebook juga.

      Delete

Post a Comment