-->
Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran

Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran

Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran
Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran
Penulis: Fahuda Elwin | Editor: Admin Situsnesia

Situsnesia.com - Teknologi dan ilmu pengetahuan telah mengalami perkembangan yang cukup cepat. Saat ini banyak sekali sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi atau lebih dikenal dengan istilah E-Learning. E-Learning sendiri merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi perangkat yang terkomputasi. Hal ini memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar yang dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa.

Pembelajaran berbasis teknologi akan memberi kemudahan untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran kepada siswa. Kali ini kami akan membahas tentang konsep sistem informasi dalam pembelajaran. Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya kamu tahu tentang apa itu sistem? dan apa itu informasi?

Baca Juga: Basuki Endah Priyanto, Tokoh dibalik pengembang teknologi 4G dan 5G

Pengertian Sistem

Sistem dapat dikatakan sebagai kumpulan komponen atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, dan saling tergantung satu sama lain. Suatu sistem tidak bisa terlepas dari lingkungan sekitarnya, maka umpan balik (feed back) dapat berasal dari lingkungan sistem yang dimaksud. Model dasar dari bentuk sistem ini adalah adanya masukan, proses, dan keluaran. Sistem umumnya diciptakan dari beberapa komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
"Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu." (Jogiyanto, 2005: 2)

Pengertian Informasi

Informasi adalah kumpulan data yang telah diolah menjadi bentuk yang mudah dipahami bagi penerima informasi. Sistem pemolahan informasi mengolah data menjadi informasi atau tepatnya mengolah data dari bentuk tak berguna menjadi berguna bagi penerimanya. Data sendiri merupakan bentuk mentah yang perlu diolah telebih dahulu untuk menghasilkan sebuah informasi secara utuh.
"Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya." (Jogiyanto, 2004: 8)

Pengertian Sistem Informasi

Suatu sistem informasi dapat dibentuk sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk menerapkan sistem yang efektif dan efisien diperlukan perencanaan, pelaksanaan, pengaturan, dan evaluasi sesuai kebutuhan masing-masing.
Sistem informasi merupakan "suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan." (Tata Sutabri, S.Kom., MM, 2005: 36)

Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi dalam pembelajaran adalah suatu sistem yang diterapkan dalam dunia pendidikan, terdiri dari berbagai komponen yang telah diolah secara terkomputasi yang bertujuan untuk mengumpulkan, memproses data, hingga menghasilkan informasi bagi siswa, guru, dan pengguna lainnya.

Semua sistem informasi yang digunakan ini bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran di kelas, baik melalui tatap muka ataupun secara tidak langsung. Bila sistem informasi dimanfaatkan dengan baik dalam proses pembelajaran, tentu akan mempermudah proses pembelajaran khususnya bagi pengguna sistem tersebut.

Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media tidak hanya berkaitan dengan soal teknis mendigitalkan informasi melalui internet. Namun, pembelajaran online dapat diartikan dengan pembelajaran yang dilakukan dengan berbantuan media komputer atau internet. Sehingga, proses belajar mengajar tidak hanya terpaku pada keterbatasan materi, sarana, dan prasarana.

Sistem informasi dalam pembelajaran bisa dikatakan sebuah sistem virtual, paralel dengan sistem fisik atau bukan sekedar network, internet, dan aplikasi berbasis web. Materi kuliah, tugas, ujian, dan sebagainya dapat disajikan dalam format virtual sehingga mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Makalah Digital Forensik "Prinsip dasar dan prosecure"

Penerapan Sistem Informasi Dalam Pembelajaran

Berkembangnya teknologi informasi di bidang pendidikan membuat segala aktivitas akademik menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan hal ini memungkinkan proses pembelajaran dan manajemen akademik dapat dilakukan secara online. Perkembangan sistem informasi akademik biasanya berbasis web, sehingga dapat diakses melalui jaringan internet. Sistem ini juga dapat diintegrasikan dengan sistem lainnya, seperti: E-Learning, SMS akademik, sistem informasi perpustakaan, serta sistem informasi monitoring dan evaluasi.

Dalam dunia pendidikan, sistem informasi akademik dapat dimanfaatkan untuk mempermudah layanan di suatu lembaga pendidikan. Adapun beberapa layanan sistem informasi akademik yang dapat ditemukan dalam perguruan tinggi saat ini, seperti: Manajemen data akademik, Manajemen user, KRS Online, Manajemen pelaporan, dan masih banyak lagi.

Sekian pembahasan kami tentang "Konsep Sistem Informasi Dalam Pembelajaran" Jangan lupa share artikel ini bila dirasa bermanfaat. Apabila kamu memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah, Terimakasih.
Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment