-->
Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Cara Agar Lancar BAB Setiap Pagi Secara Alami

Cara Agar Lancar BAB Setiap Pagi Secara Alami
Setelah memahami bahaya tidak BAB seminggu, ketahui juga beberapa cara agar lancar BAB setiap pagi yang bisa Anda coba. Dari mengatur pola makan, menu makan, hingga mengatur pola hidup. Menu makanan yang baik untuk pencernaan adalah makanan yang mengadung banyak serat dan air.
Banyak orang yang berusaha memperlancar buang air besarnya dengan menggunakan obat- obatan. Hal tersebut mungkin diperlukan jika sudah mencoba cara alami namun tetap gagal. Penggunaan obat-obatan dalam jangka Panjang juga dapat membawa efek yang kurang baik bagi kesehatan.

Oleh karena itu, lebih baik jika Anda mencegah sejak dini agar tidak mengalami masalah pencernaaan ini. Anda bisa memulainya dengan beberapa cara sederhana, namun rutin dijalankan. Berikut adalah cara alami untuk memudahkan buang air besar.

Cara agar Lancar BAB Setiap Pagi Secara Alami

Cara agar Lancar BAB Setiap Pagi Secara Alami
Untuk mempermudah proses BAB yang paling baik dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup seperti buah-buahan. Dalam sehari paling tidak tubuh membutuhkan serat berkisar 25-35 gram per harinya. Selain dari buah-buahan, serat juga dapat diperoleh tubuh dari kacang-kacangan.

Serat dapat memperlancar pencernaan karena merupakan salah satu mineral yang tidak mudah diserap dan dicerna tubuh. Serat terbagi menjadi dua macam, yaitu serat tidak larut air dan serat larut air. Keduanya dapat membawa pengaruh yang baik bagi pencernaan jika Anda konsumsi.

Cara agar lancar BAB setiap pagi yang kedua adalah melakukan olahraga yang teratur. Anda tidak perlu untuk melakukan olahraga yang terlalu berat namun, pastikan Anda melakukannya secara teratur. Dengan banyak bergerak Anda dapat memperbaiki metabolisme dan membantu pencernaan lebih tepatnya meningkatkan pergerakan usus.

Mengatur jumlah air yang Anda minum juga dapat membawa pengaruh baik bagi pencernaan. Pastikan Anda telah memenuhi jumlah air yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Paling tidak dalam 1 hari Anda butuh untuk minum 8-10 gelas air atau setara dengan 1,6-2 liter.

Mengonsumsi kopi dengan jumlah yang wajar tanpa Anda sadari dapat menjadi salah satu cara untuk mempermudah buang air besar. Kopi dapat memberikan stimulus pada usus agar mengeluarkan feses dengan lebih baik dan lancar. Anda dapat mengonsumsi kopi 1 gelas dalam 1 hari untuk merasakan manfaatnya.

Makanan untuk Melancarkan BAB Secara Alami

Makanan untuk Melancarkan BAB Secara Alami
Memilih makanan yang baik untuk pencernaan adalah cara paling tepat untuk melancarkan BAB secara alami. Banyak makanan yang berguna untuk mempermudah Anda untuk BAB. Berikut adalah beberapa kategori makanan yang memiliki kandungan serat dan vitamin untuk memudahkan BAB.

1. Buah-buahan

Dalam beberapa buah terdapat kandungan serat yang cukup untuk Anda konsumsi sebagai cara agar lancar BAB setiap pagi. Serat yang terkandung dalam buah- buahan termasuk dalam jenis serat larut air. Apel yang berukuran kecil memiliki kandungan serat sekitar 4 gram.

Jeruk dengan ukuran yang besar memiliki kandungan serat sebesar 4 gram sehingga baik untuk melancarkan BAB. Selain itu, dalam jeruk terkandung flavonol aktif yang dapat mencegah konstipasi. Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan lain seperti pir dan kiwi untuk memperbaiki pencernaan.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh salah satunya adalah serat yang sebagian besar tidak larut air. Manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi ubi jalar adalah membantu mempermudah pergerakan usus sehingga pencernaan semakin baik dan lancar.

3. Kacang-kacangan

Makanan selain buah yang kaya akan serat adalah kacang-kacangan. Bagi sebagian orang kacang-kacangan mungkin tidak menjadi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Padahal dalam 91 gram kacang hijau memiliki kandungan serat sebesar 9,5 gram. Berbagai varian kacang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik bagi tubuh Anda.

Serat yang terkandung dalam kacang adalah serat larut dan serat tidak larut. Campuran kedua serat tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Mengonsumsi berbagai kacang dengan kandungan serat yang tinggi juga dapat  meminimalkan konstipasi. Kacang merupakan jawaban yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan asupan serat.

Banyak orang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Tidak sedikit orang yang mengalami beberapa penyakit pencernaan, seperti konstipasi hingga kanker usus besar. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda mengikuti cara agar lancar BAB setiap pagi supaya terhindar dari berbagai penyakit pencernaan. Jangan lupa share artikel ini, untuk menambah wawasan dan berbagi tips tentang bagaimana cara agar lancar BAB setiap pagi secara alami.
Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment