Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

Macam-Macam Software Berdasarkan Jenisnya

Macam-Macam Software Berdasarkan Jenisnya
 Macam-Macam Software Berdasarkan Jenisnya

Ada begitu banyak perangkat lunak yang digunakan oleh komputer. Jika kamu mengenal Windows, iOS termasuk software apakah keduanya?

Berdasarkan jenisnya, software terbagi menjadi tiga jenis yaitu Sistem Operasi atau yang dikenal dengan OS, Program Aplikasi dan ketiga adalah bahasa pemrograman.

Contoh-Contoh Software Beserta Penjelasannya

Apa yang dimaksud dengan software dari semua penjelasan ini sangat lengkap bahkan hingga ke jenis-jenisnya. Sekilas juga sudah disebutkan beberapa contoh software yang biasa digunakan untuk pekerjaan.

Berikut ini beberapa contoh dari beberapa software yang paling sering digunakan lengkap dengan penjelasannya.

1. Google Chrome

Mulai masuk pada software berbasis web yang pengembangannya dilakukan oleh Google. Google Chrome memanfaatkan mesin rendering WebKit dan proyek sumbernya adalah Chromium.

Diluncurkan pada 2 September 2008 dengan versi Beta untuk OS Ms Windows. Kemudian dilanjutkan dengan OS X dan Linux.

Pilihan browser anti blokir ini bisa menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi website-website yang tidak bisa dibuka atau tidak bisa diakses, karena Anda dapat mensetting proxy di dalam google chrome ini.

2. UNIX

Sebuah OS yang dibuat oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Pengembangannya dilakukan oleh AT&T Bell Labs dan merupakan OS portable yang multi tasking dan multi user.

OS UNIX lebih mengedepankan soal Workstation dan Server dengan kompatibilitas tinggi sehingga bisa disalin serta modifikasi yang memudahkan soal pengembangannya.

Bahasa pemrograman dari OS ini adalah C dan mirip seperti DOS dan sangat aman. Setiap file dan direktori bahkan user memiliki pengaturan izin penggunaan atau akses. Dukungan dari proyek GNU ini cukup banyak sehingga perkembangannya adalah LINUX yang merupakan salah satu bagiannya.

3. Microsoft Windows

Sebuah OS yang sudah sangat terkenal dan dikembangkan Bill Gates yang juga CEO dari Microsoft Corporation. Berawal dari Ms-Dos yakni OS yang berbasis teks dan Command Line Interpreter.

Pada versi yang pertama yaitu Windows Graphic Environment 1.0 bekerja dengan arsitektur 16-bit dan bisa digunakan dengan berjalan atas MS-DOS. MS-DOS dibuat perusahaan Seattle Computer Products yang akhirnya juga direkrut oleh Microsoft.

4. Macintosh

Juga merupakan OS tetapi digunakan oleh Mac yang dibuat Apple COmputer secara khusus. Software ini tidak cocok digunakan untuk komputer IBM dan OS nya berbasis grafis.

5. Adobe Photoshop

Merupakan software aplikasi yang fungsinya adalah untuk mengedit gambar. Merupakan rangkaian produk atau yang termasuk dalam Adobe System di mana fungsinya adalah membuat gambar atau foto sesuai keinginan atau editing.

Software ini sangat membantu dalam ruang lingkup pekerjaan fotografer digital sampai perusahaan periklanan yang memimpin pasar. Adobe Photoshop diakui sebagai produk terbaik dari Adobe System.

6. Microsoft Office

Juga termasuk dalam software aplikasi yang di dalamnya terdapat banyak software untuk mengolah data, presentasi hingga teks. Program ini menjadi bagian yang wajib digunakan untuk pekerjaan kantoran bahkan untuk mahasiswa.

7. WinRAR

Sebuah produk yang digunakan untuk mengarsipkan data. Sebuah file yang ukurannya besar bisa dikompresi sampai 40%. Contohnya saja sebuah file yang ukurannya 100MB setelah masuk ke proses kompresi maka ukuran file hanya memiliki ukuran 50MB.

Masih banyak contoh perangkat lunak yang terdapat dalam komputer sehingga perintah bisa dijalankan. Software adalah bagian dari komputer bahkan smartphone yang sangatlah penting.

Berikut ini penjelasan dari masing-masing software sesuai dengan jenisnya:

1. Sistem Operasi

Lebih sering dikenal dengan Operating System dan OS adalah yang pertama kali harus diinstal ke komputer. Fungsi software OS sendiri adalah untuk pengelolaan hardware dan software.

OS adalah software yang menjadi perantara di antara aplikasi serta hardware. Perintah yang diberikan akan masuk pertama kali ke OS dan melalui OS baru masuk ke hardware.

Sebagai contoh setelah selesai membuat teks di Ms Word kemudian hendak memberikan perintah print. Maka perintah tersebut akan masuk ke OS kemudian OS akan menyampaikan ke printer sehingga dokumen bisa langsung diprint.

Beberapa jenis OS adalah Windows, DOS, Linux, dan Macintosh. Setiap jenis OS memiliki kelebihan serta kekurangan namun ada beberapa jenis OS yang populer. Salah satu contoh software yang populer adalah Windows.

2. Program Aplikasi

Software aplikasi merupakan program yang memiliki tujuan tertentu dalam pembuatannya. Program aplikasi adalah software yang memiliki peranan untuk memudahkan hampir semua pekerjaan manusia.

Sesuai dengan fungsinya, ada beberapa macamnya yaitu sebagai berikut ini:

Software Pengolah Kata

Biasanya software aplikasi ini digunakan untuk pembuatan teks misalnya surat menyurat, amplop, makalah, label dan masih banyak lagi. Lalu apa yang termasuk dengang software pengolah kata adalah Ms Word, Open Office dan aplikasi writer.

Software Pengolah Angka

Merupakan aplikasi yang fungsinya untuk pengolahan angka bisa bentuk grafik dan tabel. Beberapa aplikasi ini adalah Ms Excell, Open Office Org. Calc dan masih banyak lagi.

Software Pengolah Presentasi

Untuk membuat presentasi bukanlah suatu hal yang mudah. Oleh karena itu dengan bantuan software pengolah presentasi semuanya jadi lebih mudah. Beberapa jenis software yang digunakan adalah Ms Power Point, Open Office Org, dan lain sebagainya.

Software Pengolah Gambar

Aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan editing baik itu gambar, foto hingga video. Beberapa jenis aplikasi ini adalah Adobe Photoshop, Corel Draw dan masih banyak lagi.

Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment