vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

Inilah Tanda-tanda Bayi Siap Menerima MPASI yang Harus Diketahui

Inilah Tanda-tanda Bayi Siap Menerima MPASI yang Harus Diketahui
Inilah Tanda-tanda Bayi Siap Menerima MPASI yang Harus Diketahui

Merawat bayi perlu memperhatikan banyak hal, sehingga bisa menunjang perkembangan dan membuatnya tetap sehat. Salah satu perawatan bayi yang perlu diketahui adalah mengenai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). 

MPASI sendiri pada umumnya diberikan bayi pada usia 6 bulan. Akan tetapi biasanya juga orangtua bisa memberikan menu MPASI 6 bulan sebelum waktunya yaitu ketika bayi berusia 4 bulan. Waktu pemberian MPASI ini perlu diperhatikan sehingga bisa mengurangi resiko bayi tersedak dan pencernaannya yang belum siap menerima makanan pendamping selain ASI. 

Untuk mengetahui kapan waktu memberikan MPASI, orangtua bisa memperhatikan tanda-tanda bayi siap menerima makanan penunjang ASI seperti berikut ini: 

  1. Pertama adalah ketika bayi sudah bisa untuk meraih dan memasukkan makanan ke mulut. Hal tersebut menunjukkan bahwa bayi sudah mempunyai koordinasi yang baik antara mata, tangan, dan mulut. 
  2. Selanjutnya adalah bayi bisa menerima makanan dengan posisi duduk tanpa bantuan. 
  3. Bayi tertarik dengan makanan dan ingin memakannya sendiri. 
  4. Bayi dapat membuka mulut untuk menerima makanan yang diberikan. 
  5. Bayi dapat menelan makanan dan tidak memuntahkannya ketika disuapi. 

Di atas merupakan tanda-tanda bayi siap untuk menerima makanan pendamping ASI. Sehingga selain menyusui bayi, ibu juga bisa memberikan makanan pendamping lain yang sehat dan bisa dikonsumsi oleh bayi. Seperti memberikan buah-buahan, sop, biskuit bayi, dan makanan lain yang teksturnya lembut dan lunak. 

Untuk mengetahui kapan waktu memberikan MPASI tersebut, bayi mempunyai perkembangan yang berbeda satu sama lain. Sehingga untuk mendapatkan waktu pemberian MPASI yang tepat bisa mengamati tanda-tanda yang telah disebutkan seperti di atas. 

Ketika sudah menerima MPASI, kebiasaan bayi juga akan berubah. Sehingga orangtua perlu mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan perubahan tersebut. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan popok karena kebiasaan BAB bayi yang lebih banyak dibandingkan biasanya. 

Ibu bisa memilih popok terbaik yaitu Merries yang mempunyai keunggulan dengan mudah dipasang ataupun dilepas dan menyerap cairan dengan lebih baik. Membelinya juga mudah karena bisa didapatkan baik secara online ataupun offline.

Related Posts
Newest Older
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment