vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

17 Ide Menanam Tanaman Obat Di Rumah, Jadi Solusi Bisnis Kekinian

17 Ide Menanam Tanaman Obat Di Rumah, Jadi Solusi Bisnis Kekinian
17 Ide Menanam Tanaman Obat Di Rumah, Jadi Solusi Bisnis Kekinian

Memiliki tumbuhan obat di lokasi tinggal akan mendatangkan tidak sedikit keuntungan untuk keluarga Anda. Di samping untuk menyerahkan keasrian pada rumah, tumbuhan obat beberapa besar pun dapat dikonsumsi dengan khasiat yang baik untuk kesehatan.

Masing-masing jenis tumbuhan obat mempunyai khasiat yang berbeda-beda dalam menyembuhkan penyakit. Maka daripada itu, semakin tidak sedikit Anda menempatkan tanaman obat di rumah, semakin tidak sedikit pula guna yang bisa dirasakan. 

Anda dapat memulai dengan menempatkan tanaman obat yang juga dipakai sebagai bumbu dapur. Contohnya laksana jahe, lengkuas, kencur, dan masih tidak sedikit lagi. Tanaman-tanaman itu terbilang gampang dalam proses penanamannya.

Di samping itu, pilihan lainnya ialah Anda dapat menempatkan tanaman obat yang dapat menyerahkan estetika halaman. Beberapa tumbuhan obat tersebut laksana lavender, bunga kenop, dan masih tidak sedikit lagi.

Lahan kosong di lokasi tinggal Anda betapa lebih baik andai dapat dimanfaatkan dengan menanam pelbagai tanaman obat. Tanaman obat yang bisa ditanam di halaman lokasi tinggal jenisnya sangat pelbagai dengan khasiat yang berbeda-beda.

Jika kita bingung guna memulai, Anda dapat memilih tumbuhan yang tidak jarang dikonsumsi.Di samping itu, kita juga dapat menyesuaikan dengan riwayat gangguan kesehatan yang tidak jarang dialami.

Setelah memahami jenis tumbuhan obat apa yang bakal ditanam, selanjutnya ialah menyiapkan lahan. Penyiapan lahan untuk menempatkan tanaman obat sebetulnya tidak terlampau susah. Anda lumayan mencari lahan kosong yang mempunyai sirkulasi udara dan penyampaian sinar matahari yang baik.

Anda telah tertarik untuk mengawali menanam tumbuhan obat pada halaman lokasi tinggal Anda? Berikut ini akan diterangkan secara menyeluruh rekomendasi tumbuhan obat yang dapat Anda pilih. Tanaman obat di bawah ini, dapat menjadi tumbuhan obat namun pun dapat menyerahkan estetika halaman lokasi tinggal Anda.

Berikut ini adalah 17 tumbuhan obat yang baik guna kesehatan yang bisa ditanam di rumah. Simak secara cermat dan Anda dapat mulai memilih tumbuhan obat mana yang sesuai untuk Anda.


1. Seledri

Seledri - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Seledri merupakan misal tanaman obat yang berisi antioksidan, vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan membantu mengayomi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan. Seledri pun telah lama dikenal sebagai sayuran yang menolong menurunkan desakan darah tinggi.

Selain tidak sedikit manfaatnya untuk kesehatan, seledri pun adalahsayuran serbaguna. Anda dapat memakannya mentah ataupun dimasak sebab seledri adalahtambahan yang bagus guna masakan yang ditumis, sup, dan jus. Berikut ini teknik menanam seledri di rumah.

  1. 1. Rendam biji seledri di dalam air hangat selama tidak cukup lebih 30 menit, kemudian letakkan biji seledri di atas kain basah. Tutup kain itu dan diamkan sekitar 24 jam atau sampai biji seledri pulang menjadi kecambah.
  2. 2. Setelah biji seledri pulang menjadi kecambah, siapkan media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk, dan sekam bakar.
  3. 3. Isi polybag atau pot dengan media tanam, lantas masukkan kecambah seledri ke dalamnya. Siram secukupnya supaya tanah menjadi lembab, namun tidak lembek.

Setelah ditanam sekitar tiga bulan, seledri dapat dipanen. Cukup potong batangnya saja supaya seledri bisa tumbuh kembali.


2. Serai

Serai - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Serai adalahtanaman obat yang sering dipakai untuk gabungan teh sebab dapat meningkatkan cita rasa. Berdasarkan keterangan dari WebMD, serai berisi zat yang dapat membantu meredakan nyeri dan bengkak, meminimalisir demam, serta meminimalisir sakit perut.

Memiliki tumbuhan serai di lokasi tinggal akan mendatangkan tidak sedikit keuntungan untuk keluarga Anda. Selain guna dikonsumsi, serai bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk sebab serangga kecil ini tidak menyenangi aromanya.

Tahukah Anda, serai bisa dikembangbiakkan di dalam toples yang mengandung air? Caranya mudah, yakni dengan mencukur bagian bawah serai lantas masukkan ke dalam toples yang telah dipenuhi air sampai setengah bagian. Tunggu hingga tunas serai tumbuh lantas pindahkan ke dalam pot.


3. Tanaman Obat Daun Jarak

Tanaman Obat Daun Jarak - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Hanya tidak banyak masyarakat yang memanfaatkan daun jarak untuk diubah menjadi tumbuhan obat. Padahal, daun jarak memiliki tidak sedikit manfaat untuk kesehatan tubuh dan dapat dipakai untuk terapi. Daun jarak kaya bakal flavonoid, protein, kalsium, dan kalium yang menolong mengurangi rematik.

Ketika kita jarang berolahraga, tubuh kehilangan kelenturan lantas rematik menyerang. Rematik ialah kondisi di ketika persedian kehilangan kelenturan sebab pelumas berkurang dan rasanya benar-benar menyakitkan. Untuk menolong mengusir rematik, Anda dapat merebus daun jarak, lantas meminumnya sebagai ramuan herbal.


4. Sirih

Sirih - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Daun sirih sarat dengan vitamin laksana vitamin C, thiamine, niacin, riboflavin, dan karoten. Komponen yang terdapat dalam daun sirih dapat menolong mengurangi kadar gula dalam darah, menambah metabolisme tubuh, dan mengawal kesehatan gigi. Apabila daun sirih dioleskan di atas luka lantas dibalut, daun sirih dapat menolong mempercepat proses penyembuhan.

Karena sirih ialah tanaman menjalar, Anda bisa dengan gampang menanamnya sebagai tumbuhan obat di rumah. Bibit sirih bisa ditanam di dalam pot ataupun polybag dengan media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk organik.


5. Selasih

Selasih - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Di musim kemarau, selasih sering dipakai sebagai pelengkap es buah karena berfungsi sebagai pendingin alami yang menolong mengurangi panas tubuh. Namun, biji ini mempunyai lebih tidak sedikit manfaat dari sekadar ekstra pada minuman dingin.

Selasih bisa bekerja secara menakjubkan untuk menolong menurunkan berat badan sebab tingginya jumlah asam lemak Omega-3. Selasih pun membantu meminimalisir rasa lapar dan menciptakan Anda kenyang guna waktu yang lama. Minum biji selasih dengan air hangat dapat membantu meredakan masalah pencernaan, sembelit, dan kembung.

Penanaman selasih di lokasi tinggal dapat dilaksanakan dengan memakai biji dan stek batang. Biji selasih bisa disemai terlebih dahulu di atas kapas basah sampai menjadi bibit ataupun langsung ditanam di media tanam. Jika hendak melakukan stek batang, pilihlah batang yang powerful dan lumayan besar.


6. Keladi

Keladi - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Daun dan umbi keladi dapat dipakai sebagai bahan makanan, namun umbinya mesti dimasak. Di samping dinikmati sebagai camilan, tahukah Anda bila keladi memiliki tidak sedikit manfaat kesehatan dan dapat dijadikan tumbuhan obat?

Kemampuan keladi sebagai tumbuhan obat antara lain ialah membantu menurunkan kadar gula darah, mengayomi kulit, mengawal kesehatan pencernaan, menambah kesehatan mata, menambah sirkulasi, dan menolong sistem kekebalan tubuh. Keladi pun adalahmakanan yang kaya serat sehingga dapat menjadi opsi untuk menyokong program diet Anda.

Jika hendak menanam keladi, Anda dapat melakukannya dengan memakai bibit keladi. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, namun pastikan saja tanahnya tidak kering dan keladi mendapatkan tidak sedikit sinar matahari.


7. Jahe

Jahe - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Tidak mengherankan andai jahe dipakai dalam berbagai format pengobatan herbal sebab tanaman obat ini diisi dengan nutrisi yang memiliki guna untuk tubuh. Jahe sering dipakai untuk menolong mengurangi mual, meminimalisir nyeri otot dampak olahraga, dan melawan pilek. Gingerol, senyawa utama di dalam jahe, mempunyai efek antiinflamasi dan antioksidan.

  • Untuk menempatkan jahe di rumah, pilih bibit jahe berbobot, berkualitas dan terbebas dari hama.
  • Siapkan pot mengandung tanah yang gembur dan pupuk, lantas tanam bibit jahe dengan unsur mata tunas yang menghadap ke atas.
  • Tempatkan pot di lokasi yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan siram dengan tidak banyak air saja.

Untuk anda yang ingin menanam jahe dirumah dengan metode yang tepat dan subur, berikut panduan cara menanam jahe di pot secara lengkap.


8. Lidah Buaya

Lidah Buaya - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Lidah buaya adalahtanaman obat yang semenjak lama dimanfaatkan oleh orang Indonesia sebagai tumbuhan hias dan pun sering diubah menjadi es lidah buaya. Khasiat lidah buaya beragam, seperti menolong meningkatkan kesucian mulut, menangkal dehidrasi, menanggulangi konstipasi, sampai mengurangi jerawat. Sifatnya yang menenangkan, melembabkan, dan mendinginkan menciptakan lidah buaya dalam format gel sering dipakai untuk meminimalisir luka dampak terbakar sinar matahari.

Untuk menempatkan sendiri lidah buaya di rumah, Anda memerlukan bibit lidah buaya yang berukuran selama 10 cm. Tanamlah bibit lidah buaya dengan teknik menancapkannya ke dalam media tanam berupa gabungan tanah dan pupuk.


9. Lengkuas

Lengkuas - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Lengkuas ialah salah satu tumbuhan obat yang gampang ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini tidak sedikit digunakan sebagai bumbu masak maupun bahan baku penciptaan jamu. Beberapa guna yang dapat dialami jika mengkonsumsi lengkuas mencakup meredakan asma, menurunkan kadar kolesterol di tubuh, meringankan batuk, sampai menurunkan demam.


10. Kencur

Kencur - Menanam Tanaman Obat Dirumah

Siapa yang tidak mengenali tumbuhan obat kencur. Kencur mempunyai citarasa dan wewangian yang lumayan khas dikomparasikan dengan tumbuhan obat lain. Dengan citarasa yang khas, kencur tidak sedikit dimanfaatkan sebagai bumbu masakan tradisional.

Di samping itu, kencur juga tidak sedikit disukai sesudah diproses sebagai jamu beras kencur. Manfaat yang dapat didapatkan dari kencur ialah meredakan batuk dan tenggorokan yang gatal, menghangatkan tubuh, mengobati diare, sampai mencegah kanker.


11. Temulawak

Temulawak - Rekomendasi Tanaman Obat Rumahan Untuk Bisnis

Tanaman obat temulawak sudah dikenal sebagai pilihan obat tradisional untuk menambah nafsu santap pada anak. Di samping khasiat tersebut, temulawak tidak sedikit dikonsumsi guna memperlancar proses pencernaan, menanggulangi peradangan, hingga bermanfaat sebagai anti bakteri. Apabila teratur dikonsumsi, temulawak pun berkhasiat untuk mengawal metabolisme tubuh supaya tetap bugar dan sehat.


12. Kayu Manis

Kayu Manis- Rekomendasi Tanaman Obat Rumahan Untuk Bisnis

Terlepas dari bau harum yang khas, ternyata kayu manis mempunyai segudang guna yang baik guna tubuh. Kayu manis yang seringkali digunakan sebagai bahan masakan sampai minuman ternyata berisi antioksidan yang tinggi. Manfaat antioksidan untuk tubuh sendiri meliputi mengayomi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Di samping itu, khasiat beda dari kayu manis ialah menurunkan kadar gula pada darah.


13. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis- Rekomendasi Tanaman Obat Rumahan Untuk Bisnis

Tanaman obat yang serbaguna ini barangkali sudah dikenal manfaat dan manfaatnya. Bukan melulu menjaga kesehatan tubuh, jeruk nipis juga tidak sedikit digunakan sebagai bahan guna menjaga kesucian rumah. Jeruk nipis dapat dipakai sebagai bahan pengganti sabun cuci yang alami dan mengusir sekian banyak  serangga. Sedangkan manfaat untuk tubuh, jeruk nipis bisa melancarkan pencernaan dan mengawal sistem imun.


14. Tanaman Obat Mengkudu

Tanaman Obat Mengkudu - Rekomendasi Tanaman Obat untuk Ditanam Dirumah

Walaupun dari sisi rasa mengkudu tidak mempunyai rasa yang lumayan nikmat, tetapi khasiat tumbuhan obat ini sungguh luar biasa. Mengkonsumsi mengkudu bisa menghindari dari serangan penyakit stroke, menambah kekebalan tubuh, sampai menurunkan kolesterol.

Cara mengkonsumsi mengkudu ialah dengan memilih bikin yang separuh matang. Biasanya ditandai dengan warna yang menguning dan belum menerbitkan bau yang tidak sedap. Kemudian bahas kupas kulit dan buang bijinya. Anda bisa mencampurkan sirup maupun bahan tambahan supaya menyamarkan rasa mengkudu yang ingin pahit.


15. Binahong

Binahong - Rekomendasi Tanaman Obat untuk Ditanam Dirumah

Tanaman binahong mempunyai daun yang bisa dimanfaatkan guna obat tradisional. Daun binahong sudah dikenal mempunyai khasiat guna mengobati maupun meredakan sekian banyak  masalah kesehatan. Salah satu misal manfaat daun binahong ialah mengatasi maag, meredakan asam urat, menangkal penyakit kanker, sampai ginjal.


16. Lemon

Lemon - Rekomendasi Tanaman Obat untuk Ditanam Dirumah


Sama laksana jenis jeruk lainnya, lemon pun adalahsalah satu tumbuhan obat yang memiliki sekian banyak  manfaat. Manfaat dari mengkonsumsi lemon ialah dapat menambah kekebalan imun, menangkal stroke, sampai kanker.

Selain guna tersebut, lemon juga tidak sedikit dikonsumsi dengan tujuan mengawal kesehatan kulit terutama wajah. Kandungan vitamin C pada lemon bisa mencerahkan wajah sampai meredakan bekas jerawat.


17. Belimbing

Belimbing - Menanam Tanaman Obat Dirumah dengan Perawatan Mudah

Mengkonsumsi buah belimbing ketika telah matang tentunya paling nikmat. Namun dibalik kesegaran dari rasa buah belimbing, ternyata terdapat pelbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu guna yang didapat ialah belimbing bisa mengendalikan kadar gula dalam darah. Di samping itu, untuk Anda yang sedang mengerjakan program diet, belimbing ternyata mempunyai khasiat dalam menurunkan berat badan. Manfaat beda yang dapat didapat dari mengkonsumsi belimbing ialah dapat menangkal penyakit kardiovaskular yang menyerang jantung.

Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment