vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

5 Aplikasi untuk Merawat Ingatan Otak

5 Aplikasi untuk Merawat Ingatan Otak
Aplikasi untuk Merawat Ingatan Otak

Seiring bertambahnya usia, manusia rentan untuk lupa. Namun, mudah lupa di saat muda merupakan hal yang tidak bisa diremehkan. Jika diabaikan, bisa menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan di masa depan, misalnya alzheimer, demensia, dan sebagainya. Untuk itu tidak perlu menunggu berusia tua untuk waspada terhadap kemunduran otak yang menyebabkan lupa.

Penyebab lupa bisa meliputi pola makan yang buruk, kurang istirahat, despresi, dan masih banyak lagi. Jika kamu bisa sedini mungkin mengetahui penyebabnya dan melakukan penanganan, kamu bisa mencegah hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa download 5 rekomendasi aplikasi yang membantumu merawat ingatan otakmu!

1. Ahasave Facebook Downloader

Ahasave Facebook Downloader :Ahasave.com
Pengunduh foto dan video. (Ahasave.com)

Sejak kemunculan Facebook pada 2004, banyak orang  gemar dalam bermedia sosial. Banyak orang mengunggah momen berharga berupa video dan foto pada media sosial populer tersebu. Apakah kamu salah satunya?

Facebook masih populer digunakan hingga saat ini. Di sisi lain, bagi kamu yang sudah beranjak dewasa pasti pernah scrolling Facebook untuk sekadar bernostalgia, melihat dan memutar foto serta video lama.

Mengenang dan melihat memori lama bisa meningkatkan fungsi otak lho. Dengan aktivitas tersebut kamu juga turut merawat ingatan otakmu! Untuk mengoptimalkan kegiatan di atas kamu memerlukan aplikasi Facebook downloader.

Ahasave Facebook Downloader sebagai Facebook video downloader terkenal aman dan gratis. Kamu bukan hanya bisa download Facebook video, tapi juga format lain seperti gambar atau foto, bahkan mp3. Kamu bisa mengunduh berbagai konten dari Facebook secara online, dan meninkmatinya dengan kualitas HD secara offline di manapun dan kapanpun kamu mau.

Terdapat dua cara menggunakan Facebook video downloader melalui aplikasi ini:

a. Download melalui link:

  • Copy link konten yang ingin kamu download.
  • Buka AhaSave Facebook Downloader dan paste link dari Facebook.
  • Konten yang kamu inginkan akan terunduh otomatis.

b. Download dengan browser bawaan:

  • Masuk ke Facebook di AhaSave Facebook Downloader 
  • Jelajahi video yang Anda inginkan dan klik 'Mainkan' 
  • Video Facebook akan diunduh secara otomatis di browser lokal kamu.

2. Calorie Counter by FatSecret 

aplikasi penghitung kalori
Aplikasi penghitung kalori

Orang muda cenderung melakukan hal-hal yang disuka. Makan sesukanya, begadang menyelesaikan deadline tugas, dan melakukan kebiasaan lain yang sebenarnya tidak sehat. Dilansir dari Alodokter, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diabtes, hipertensi, dan lainnya terbukti menyebabkan seseorang berpotensi tinggi mengalami alzheimer.

Sekarang kamu sudah tahu bahwa tindakan kecil seperti makan sembarangan bisa menurunkan fungsi otakmu sehingga kamu jadi sering lupa. Oleh karena itu, kamu bisa membangung kebiasaan baru dengan menjaga pola makanmu sejak dini.

Kamu bisa mengunduh Calorie Counter by FatSecret untuk membantumu menjaga pola makanmu. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau makanan, olahraga, dan berat badan kamu.

Selain itu, Calorie Counter ini juga menggunakan database makanan dan nutrisi berkualitas tinggi di dunia dan terhubung dengan komunitas global orang-orang yang ingin mulai menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Di dalam aplikasi ini terdapat fitur pengenalan gambar makanan, makanan, dan produk yang memungkinkan kamu mengambil foto dengan kamera dan melacak nutrisi pada gambar. Lalu, pemindai kode batang dan fungsi pelengkapan otomatis, melaporkan semua kalori dan makro kamu secara terperinci, dan masih banyak lagi!

3. Brain Out – Can you pass it? 

Brain Out – Can you pass it?
Aplikasi game untuk melatih kognitif otak

Lupa ingatan yang terjadi di kalangan anak muda juga pertanda menurunnya fungsi kognitif otak. Hal tersebut bisa dikarenakan depresi, tekanan tugas menumpuk, dan sebagainya.

Kamu bisa melatih fungsi kognitifmu sambil bersenang-senang dengan aplikasi Brain Out. Brain Out adalah permainan puzzle rumit gratis yang adiktif dengan serangkaian permainan asah otak yang rumit dan berbagai teka-teki yang menguji pikiran kamu. Permainan ini dapat mengevaluasi kemampuan berpikir logis, refleks, akurasi, memori dan kreativitas kamu.

Dalam aplikasi ini juga terdapat banyak pertanyaan trivia untuk meningkatkan kekuatan otak Anda. Dengan kata lain, aplikasi ini adalah kombinasi sempurna antara pengetahuan dan kreativitas, dan kamu juga bisa melakukan tiga tes EQ, IQ, serta berbagai tantangan seru lainnya. 

4. Runkeeper - GPS Track Run Walk

Runkeeper - GPS Track Run Walk
Aplikasi pelacak kegiatan lari

Aplikasi untuk merawat ingatan selanjutnya adalah Runkeeper. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak olahraga, menetapkan tujuan, berkeringat, dan melihat kemajuan aktivitas gerak kamu. 

Dengan aktif bergerak, kamu bisa mengurangi lemak jenuh dan trans di dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit jahat, termasuk penyakit lupa ingatan seoerti alzheimer, demensia, dan lain-lain.

Runkeeper memiliki fitur menarik seperti grup lari yang memungkinkan kamu untuk undang teman, melacak kemajuan satu sama lain, dan gunakan obrolan untuk menghibur satu sama lain. Selain itu, terdapat juga fitur rute yang berguna untuk menyimpan, menemukan, dan buat rute baru dengan GPS.

Untuk fitur menarik selengkapnya bisa kamu eksplor saat mengunduh aplikasi ini!

5. MindDoc: Your Mental Health Companion

MindDoc
Aplikasi pengelola kesehatan mental

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lupa ingatan bisa dipicu akibat kurang tidur, tidak menjaga pola makan, stres, depresi, dan lainnya. Agar kamu terhindar dari berbagai penyakit penurunuan fungsi otak, kamu perlu peduli dan mencintai dirimu sepenuhnya.

Kamu bisa download aplikasi Mindoc untuk membantumu melakukannya secara konsisten. MindDoc adalah aplikasi pemantauan dan manajemen untuk mempromosikan kesejahteraan emosional dan mengatasi penyakit mental seperti depresi, kecemasan, insomnia, dan gangguan makan.

Dalam aplikasi ini kamu bisa  mencatatat kesehatan mental dan suasana hati kamu secara real time, mendapat wawasan dan ringkasan tentang gejala, perilaku, dan kesejahteraan emosional kamu secara umum untuk membantu kamu mengenali pola dan menemukan sumber daya terbaik untukmu.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan perpustakaan kursus dan latihan untuk membantu kamu menuju kesejahteraan emosional. Pertanyaan, wawasan, kursus, dan latihan di dalam aplikasi ini telah dikembangkan oleh psikolog klinis dan selaras dengan pedoman pengobatan internasional untuk gangguan mental.

Yuk rawat ingatanmu sejak dini dengan aplikasi-aplikasi di atas!

Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment