vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

7 Tips Membuat CV Lamaran Kerja Menarik Bagi HRD

7 Tips Membuat CV Lamaran Kerja Menarik Bagi HRD
7 Tips Membuat CV Lamaran Kerja Menarik

CV atau resume merupakan bagian penting dalam syarat lamaran kerja yang tidak boleh dilewatkan. Biasanya dalam CV berisi informasi data diri seperti identitas lengkap, agama, umur, kontak yang bisa dihubungi, riwayat pendidikan dan lain sebagainya.

Tips ini kami peroleh dari website Wong Cerdas yang banyak membahas seputar bisnis dan karir.

Langsung saja, berikut ini ada tips membuat CV lamaran kerja yang mudah dilakukan.

Tips Membuat CV Lamaran Kerja

CV bisa menjadi salah satu kunci untuk kamu bisa dipanggil wawancara dan membuka peluang agar kamu bisa diterima di perusahaan. HRD atau reqruiter biasanya mempunyai waktu 6 detik untuk menganalisis isi dari CV jadi membuatnya harus hati hati agar CV kamu dilirik oleh recruiter.

Apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan? 

1. Isi CV Tidak Boleh Bertele-tele

Tips membuat CV lamaran kerja yang pertama adalah isi CV haruslah singkat padat dan jelas. Sebisa mungkin dalam membuat resume tidak lebih dari 2 halaman. Masukkan informasi diri dengan jujur, dalam dunia kerja kejujuran adalah poin penting.

Informasi yang biasa masuk dalam CV diantaranya data pribadi seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, usia, agama, alamat tempat tinggal, riwayat pendidikan formal dan informal, pencapaian prestasi selama mengenyam pendidikan atau di dunia kerja, dan pengalaman kerja.

2. Tonjolkan Kelebihan

Tunjukkan kelebihanmu sehingga perusahaan harus menerima kamu sengaja salah satu karyawannya. Namun kelebihan tersebut harus relevan dengan posisi yang kamu incar. Misalnya kamu mendapatkan skor sempurna dalam uji kompetensi akuntansi neraca dan laporan keuangan, dan posisi yang kamu inginkan adalah sebagai staff accounting.

Bisa juga menunjukkan prestasi selama di perusahaan lain misalnya sebagai best sales tahun 2000 sekian. Jika belum memiliki pengalaman kerja kamu bisa menunjukkan prestasi selama kuliah misal mengikuti seminar, lomba, dan lain sebagainya.

3. Cantumkan Informasi Seputar Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja menjadi salah satu tolak ukur recruiter untuk menilai apakah kandidat bisa memenuhi kapasitas dari perusahaan atau tidak. Rekam jejak posisi yang pernah dijalankan, tugas yang dikerjakan, serta tanggung jawab yang diemban menjadi poin poin pertimbangan. Jika kandidat tersebut masuk spesifikasi perusahaan peluang untuk maju ke sesi interview terbuka lebar.

4. Perhatikan Tata Bahasa Dan Gaya Penulisan

Bahasa yang harus digunakan dalam membuat CV adalah menggunakan bahasa formal dan sopan. Perhatikan pula penggunaan tanda baca, huruf besar dan huruf kecil. Jika diketik gunakanlah font profesional seperti Calibri atau Arial ukuran 10 - 12.

Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah dalam CV tidak boleh ada typo atau penulisan yang salah. Walaupun 1 kata tetap tidak bisa ditoleransi typo menunjukkan bahwa kamu belum bisa bersikap profesional. Jadi harus hati hati dalam membuat CV sebelum mengirim sebaiknya cek dulu dengan baik dan hati- hati.

5. Cantumkan No Kontak yang Masih Aktif

Fungsi dari no kontak sendiri adalah untuk memudahkan HRD menghubungi kami apabila kamu lolos ke tahap selanjutnya. Pastikan juga kontak yang kami sertakan mudah untuk dihubungi. Biasanya ada 2 kontak yang dicantumkan ketika membuat CV yaitu nomor telepon atau alamat email.

6. Mendesain Tampilan CV

Tips membuat CV lamaran kerja selanjutnya adalah membuat desain CV. Biasanya CV hanya ditulis dalam lembar kertas berwarna putih saja menambahkan sedikit desain bisa membuat CV kamu terlihat unik dan menarik sekaligus menjadi nilai tambah.

Dalam membuat desain untuk CV sebaiknya dibuat dalam bentuk yang simpel dan sederhana jangan terlalu ramai, apalagi sampai menutupi tulisan hal ini bisa mengganggu orang yang membacanya. Bukannya dalam nilai plus malah jadi minus sebab desain yang terlalu heboh. Tema desain bisa disesuaikan dengan posisi yang ingin kamu dapatkan.

7. Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing Jika Punya

Orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing memiliki peluang lebih besar untuk diterima, terlebih lagi bisa berbahasa secara aktif, membaca, menulis, dan mengerti grammarnya secara baik dan benar. Kemampuan berbahasa asing yang kini banyak menjadi incaran perusahaan diantaranya bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea.

Itulah tadi beberapa tips membuat CV lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi. Dalam membuat CV harus mencantumkan informasi yang sebenarnya dan relevan yang artinya kamu tidak boleh mengarang bebas hanya untuk terlihat baik. Sekian dan terima kasih.

Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment