vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

7 Tips Mendapatkan Pekerjaan di tengah Pandemi!

7 Tips Mendapatkan Pekerjaan di tengah Pandemi!
Tips Mendapatkan Pekerjaan di tengah Pandemi!

Mencari pekerjaan ditengah pandemi memang bukanlah hal yang mudah. Bahkan sebelum pandemipun, mencari pekerjaan sudah terasa sulit bagi kebanyakan orang. Ketidakstabilan ekonomi, di saat ini pun menjadi salah satu alasan banyaknya karyawan yang diberhentikan dan tidak sedikit juga banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan karena dampak COVID-19.

Oleh karena itu, untuk tetap dapat bersaing di dunia kerja yang sangat kompetitif sepert ini. Sangat penting untuk mengatur dan memikirkan langkah apa yang harus diambil dalam mencari pekerjaan. Apakah yang kita lakukan sudah tepat? Apakah ada yang perlu diubah? Pertanyaan semacam itu sangat wajar dan merupakan tanda yang baik. Karena itu artinya kamu sadar dengan kondisimu.

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut ini adalah 7 tips ampuh untuk mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi.

1. Berpikiran terbuka untuk peluang baru

Seiring dengan berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi, peluang pekerjaan barupun bermunculan, contohnya seperti virtual assistant ataupun penguji COVID-19.  Oleh karena itu, kamu harus tetap up to date dengan tren pekerjaan yang ada, mempertimbangkan apakah kamu bisa melamar di beberapa pekerjaan baru yang muncul, dan mencari cara agar kemampuan dan pengalamanmu dapat bermanfaat untuk pekerjaan tersebut.

Jika kamu dalam keadaan yang terdesak, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang freelancer ataupun bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan. Hal ini sangat bagus untuk dilakukan, karena dapat menambah pengalamanmu dan juga mengembangkan skill-mu.

2. Berpikiran terbuka untuk gaji dan pertimbangkan benefit lainnya

Dengan kondisi perekonomian yang kurang stabil, tentunya akan membuatmu tidak begitu bisa bernegosiasi untuk gaji yang lebih tinggi. Kamu dapat menanyakan benefit yang dapat perusahaan tersebut tawarkan, seperti makan siang atau BPJS kesehatan. Usahakan untuk tidak menolak pekerjaan dikarenakan gaji yang tidak sesuai untukmu, karena secara perlahan dengan membaiknya kondisi ekonomi, kamu pasti akan mendapatkan kesempatan untuk kenaikan gaji. 

3. Optimalkan job marketplace ataupun media sosial untuk mencari pekerjaan

Manfaatkan situs job marketplace dan media sosial yang ada, hal ini akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan dan lowongan pekerjaan dari manapun dan untuk posisi apapun. Mulailah dengan membuat atau memperbarui profil kamu di LinkedIn dan  juga membuka akun di job marketplace pilihanmu.

4. Perluas koneksimu dan cari koneksi baru

Memiliki koneksi yang luas adalah hal yang sangat penting ketika sudah memasuki dunia pekerjaan, karena banyak kesempatan baru yang akan kamu temui. Jika kamu masih merasa belum memiliki koneksi yang luas, jangan khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan LinkedIn sebagai wadah untuk memperluas koneksimu.Cobalah menjangkau beberapa manajer rekruter dari perusahaan yang kamu inginkan atau bergabung dengan sebuah komunitas khusus skill yang kamu miliki.

5. Kembangkan skill

Saat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk membangun skill baru dan meningkatkan skill yang sudah kamu miliki. Ketika kamu melamar sebuah pekerjaan, cobalah untuk menganalisa kualifikasinya terlebih dahulu.

Buatlah daftar skill yang dicari dan analisa kembali, apakah kamu memiliki kualifikasi tersebut. Kemudian gunakanlah informasi tersebut untuk menentukan hal apa yang kamu akan pelajari agar menjadi kandidat yang tepat.

Untuk dapat mempelajari skill baru, kamu dapat mengikuti kelas online yang ditawarkan di media sosial ataupun Google. Menurut data ZipRecruiter, Microsoft Excel adalah salah satu keterampilan teknologi yang paling dicari.

6. Perbarui CV atau resume-mu

Salah satu faktor terbesar yang dapat mendekatkanmu dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar adalah CV atau resume. Memperbarui CV atau resume dan membuatnya terlihat menarik adalah salah satu kunci dalam keberhasilan mendapatkan pekerjaan.

Untuk membuat CV atau resume yang benar, kamu perlu untuk memasukan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Untuk mendapatkan kata kunci tersebut, kamu dapat melihatnya pada job description yang ditulis oleh perusahaan yang dilamar dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan ataupun kesalahan tata bahasa pada CV atau resume-mu.

Jika kamu masih bingung untuk membuat CV atau resume yang menarik, kamu dapat mengakses situs Kinzaa yang dapat menyediakan template CV maupun resume untukmu. Sehingga kamu tidak perlu lagi berlama-lama mengerjakan sebuah CV dan resume profesional.

7. Tetap prioritaskan kesehatanmu

Menghadapi kondisi di masa sulit seperti ini bukanlah hal yang mudah dan pastinya akan menguras emosi kamu. Tetap prioritaskan kesehatanmu, jangan memaksakan dirimu sampai tidak tidur atau tidur larut malam karena mencari pekerjaan ini. Tetap lakukan yang terbaik dan konsisten dalam memperbaiki diri.

Itulah beberapa tips untuk membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi ini. Semoga setelah mengikuti tips diatas, kamu dapat segera mendapatkan pekerjaan. Jangan menyerah dengan keadaan dan tetap semangat.

Related Posts
Newest Older
Admin Situsnesia
Aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.

Related Posts

Post a Comment