5 Fakta Menarik Tentang Mie Instan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Fakta Menarik Tentang Mie Instan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Fakta menarik tentang mie instan yang mungkin belum kamu ketahui

Belakangan ini, mie instan ramai diperbincangkan di beberapa sosial media dan menjadi trending di pencarian Google. Bukan karena adanya masakan mie instan viral dengan cita rasa yang lezat, namun karena harga mie instan dikabarkan akan naik dalam waktu dekat ini.

Dimana kenaikan tersebut masih berkaitan terkait perang antara negara Rusia dan Ukraina. Kedua negara tersebut menjadi salah satu penghasil gandum terbesar dunia. Rusia dan Ukraina diperkirakan menjadi pemasok gandum sekitar 30-40% untuk kebutuhan dunia.

Selain hal tersebut, terdapat juga beberapa fakta menarik tentang mie instan yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut 5 fakta menarik tentang mie instan yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Samsung yang saat ini sebagai perusahaan teknologi, ternyata dulunya menjual mie

Samsung yang saat ini sering dikenal sebagai perusahaan teknologi ternama didirikan oleh pria asal Korea, Lee Byung-chul.

Samsung didirikan pada tahun 1938, namun siapa sangka pada awal berdirinya, Samsung ternyata merupakan konsep toko yang memperdagangkan berbagai bahan pangan seperti tepung, sayuran, hingga ikan kering.

Bahkan, Samsung mampu membuat mie sendiri untuk diekspor ke beberapa negara. Samsung baru mulai menjual barang elektronik pada tahun 1970.

2. Dulu, mie menjadi makanan atau barang mewah

Siapa sangka, mie instan yang sekarang menjadi andalan bagi anak kos, ternyata dulunya menjadi salah satu hidangan yang sangat mewah. Mie ramen instan dianggap sebagai hidangan mewah karena harga dan kebaruannya.

Saat mie ramen instan pertama kali dibuat dan diperkenalkan sebagai hidangan, mie ramen tersebut dijual seharha 35 Yen.

Barulah ketika mie dikenal oleh masyarakat gobal, produksi mie mulai dilakukan secara massal dan hal tersebut membuat harga mie jadi terjangkau.

3. Mie instan pernah ke luar angkasa

Pada tahun 2005, seorang astronot Jepang, Sochi Noguchi membawa mie instan ketika Ia pergi ke luar angkasa.

Perusahaan makanan bahkan membuat mie instan tanpa gravitasi berbentuk bola. Mie tersebut dapat dengan mudah dikonsumsi di luar angkasa.

4. Jepang memiliki museum khusus mie cup

Yokohama merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Kanto, Pulau Honshu yang memiliki museum yang dirasa cukup unik. Museum tersebut dipenuhi oleh beragam jenis mie instan cup yang tertata rapi disetiap dinding.

Cup Noodle Museum juga memungkinkan para pengunjungnya untuk merasakan proses pembuatan ramen ayam.

Museum tersebut juga memiliki beberapa wahana kreatif yang diciptakan agar anak-anak memahami bagaimana suatu mie instan dibuat hingga dapat dikonsumsi.

5. Mie pertama dibuat 4.000 tahun lalu

Sejak tahun 2.000 SM, negara China membuat mie pertama dengan bahan baku millet atau sejenis biji-bijian sereal.

Tim arkeolog menemukan fakta menarik pada tahun 2005. Dimana dalam penemuan tersebut, para arkeolog berhasil menemukan mangkuk tembikar dengan mie.

Tim arkeolog menemukan jejak mie pertama di situs arkeologi Lajia, China Utara yang diperkirakan berusia 4.000 tahun.

#buttons=(Setuju !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda. Pelajari
Accept !