Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER [Arsitektur Komputer]

Evolusi dan Konerja Komputer - Arsitektur Komputer
EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER
Generasi milenial saat ini sangat dimanjakan dengan adanya teknologi dan informasi. Banyak perangkat atau teknologi canggih diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Seperti halnya gadget yang sering ditemui dan digunakan oleh generasi milenial khususnya komputer. Komputer dulu diciptakan hanya sebagau alat untuk melakukan proses perhitungan (perangkat aritmatika). Sungguh fungsi yang sangat sederhana bagi komputer saat ini. Tiap tahun perangkat seperti ini akan terus mengalami perkembangan.

Evolusi di bidang teknologi terus mengalami perkembangan, khususnya pada komputer. Komputer sendiri sering dikenal berfungsi sebagai alat untuk menghitung atau melakukan operasi aritmatika. Namun untuk saat ini komputer telah berevolusi dan memiliki fungsi yang sangat beragam. Berbeda kinerja dan performa komputer jaman sekarang dengan pertamakali komputer diciptakan.

Kali ini kami akan membahas tentang evolusi dan kinerja komputer. Disini akan dibahas tentang sejarah singkat komputer mulai dari komputer gennerasi pertama hingga generasi kelima. Berikut merupakan evolusi komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima.

Komputer Generasi Pertama

1. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)

evolusi dan kinerja komputer
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
ENIAC merupakan komputer yang sangat legendaris dirancang oleh John Mauchly dan John Presper Enkert. Komputer ini dirancang di Universitas Pennsylvania. ENIAC memiliki berat hingga 30 ton yang berusu lebih dari 18000 tabung vakum. Komputer ini rata-rata mengkonsumsi daya hingga 140KW. ENIAC memiliki kemampuan operasi penjumlahan hingga 5000 operasi tiap detik.

2. EDVAC Computer

Ringkasan materi evolusi dan kinerja komputer
EDVAC (Electronic Discreate Variable Computer)
EDVAC (Electronic Discreate Variable Computer) muncul pada tahun 1945 karena Von Neumann  mencetuskan ide mengenai konsep stored-program dan dipublikasikan dalam bentuk proposal. Hingga muncul desain komputer baru uang didesain oleh Von Neuman dan koleganya. Komputer baru ini diberi sebutan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies).

3. EDSAC Computer

Materi evolusi dan kinerja komputer
EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC adalah komputer generasi pertama yang dikembangkan oleh University Cambridge, England. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator), dimana komputer ini mulai menggunakan raksa(merkuri) kedalam tabung. Tabung tersebut nantinya akan digunakan untuk penyimpanan data.

4. Commersial Computer (Komputer komersial) 

Rangkuman materi evolusi dan kinerja komputer
UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)
UNIVAC I (Universal Automatic Calculator) diciptakan oleh Dr. Mauchly dan Eckert pada tahun 1947. UNIVAC I mulai dioperasikan untuk penghitungan sensus tahun 1950 di USA. Hingga komputer ini dikembangkan dan ber evolusi menjadi UNIVAC  II yang dirilis tahun 1950. UNIVAC  II memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan memiliki performa yang lebih baik dari UNIVAC I.

Komputer Generasi Kedua

1. DEC PDP-1

evolusi dan kinerja komputer (arsitektur komputer)
DEC PDP-1
DEC PDP-1 merupakan singkatan dari Digital Equipment Corporation Programmable Data Processor-1. Ken Olson dan Harlan Anderson mendirikan perusahaan bernama DEC pada tahun 1957. DEC telah memproduksi mesin 18-bit pertama kali.

2. IBM 7094

Evolusi dan kinerja komputer
IBM 7094
IBM 7094 dirilis pada tahun 1962. Memiliki IBR (Instruction Backup Register) yang difungsikan untuk membeffer instruksi hingga komputer mampu memiliki kecepatan proses yang lebih tinggi.
IBM 7094 juga dilengkapi multiplexor. Multiplexor ini digunakan untuk melakukan multiplex pada saluran data (data channel). Komputer ini mengalami peningkatan performa, kapasitas besar, dan mampu menekan biaya operasional. Sehingga IBM 7094 bisa dibilang komputer yang memiliki kinerja yang bagus di masanya.

3. UNIVAC III

Materi evolusi dan kinerja komputer
UNIVAC III
UNIVAC III merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yaitu, UNIVAC I dan UNIVAC 2.  Mesin ini dirilis pada tahun 1962 dengan sistem operasi yang dikenal bernama CHIEF atau BOSS.

Komputer Generasi Ketiga

1. IBM S/360

Materi PPT evolusi dan kinerja komputer
IBM S/360
Selanjutnya IBM memproduksi sebuah komputer mainframe dengan nama IBM S/360. Diberi nama 360 karena komputer ini didesain memiliki kemampuan melakukan operasi satu lingkaran penuh atau 360 derajat. IBM S/360 dibuat pada tahun 1964, menggunakan teknologi IC sebagai rangkaiannya.

2. DG-Nova (Data General Corp. Nova)

Evolusi dan kinerja komputer
DG-Nova (Data General Corp. Nova)
DG-Nova adalah komputer berukuran kecil 16-bit pertama yang dibuat pada tahun 1969. Komputer ini dirancang oleh Edson de Castro dari DG (Data General). Komputer Nova memiliki rancangan yang mirip dengan PDP-8 namun, Nova memiliki kemampuan yang lebih baik. Menggunakan sistem operasi DOS dan RDOS. Serta support beberapa aplikasi seperti Algol 60 compiler, Fortran IV, dan Basic. Hingga kesuksesan komputer ini dikembangkan dan komputer ini telah berevolusi menjadi Supernova.

Komputer Generasi Keempat

1. IBM S/370

Pembahasan lengkap evolusi dan kinerja komputer
IBM S/370
IBM S/370 dirilis pada tahun 1970. IBM S/370 mulai menggunakan teknologi chip LSI dengan memori utama berkecepatan tinggi menggunakan chip silikon tunggal. Kode dasar instruksi S/370 ini disimpan dalam RCS.

2. Apple Macintosh I dan II

Evolusi dan kinerja komputer
Apple Macintosh II
Apple Macintosh sangat populer di masanya, karena Apple Macintosh memiliki komputer dengan sistem grafis. Apple Macintosh mampu mengalahkan pesaingnya karena sistem ini sedangkan pesaingnya masih menggunakan komputer berbasis teks. Hingga pada generasi keempat mulai digunakannya PC (Personal Computer) untuk perseorangan. Macintosh mulai mempopulerkan penggunaan perangkat mouse yang sering digunakan saat ini.

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima ditandai dengan teknologi paralel dan networking. Sudah mengenal adanya internet. Berawal dari sebatas antar universitas, namun karena teknologi yang semakin maju kini dunia ini terasa tidak ada batas jarak dan waktu. Sudah banyak ditemukan web browser dan jangkauan komunikasi diseluruh dunia yang semakin tidak terbatas oleh jarak dan waktu.

Pada komputer generasi kelima mengalami evolusi dan perkembangan komputer yang cukup pesat. Karena pada evolusi generasi kelima ini komputer mulai memiliki penyimpanan yang sangat besar dengan pemrosesan yang cukup sepat. Tak hanya itu, komputer generasi kelima juga memiliki desain yang lebih elegan serta fleksibel.

Hingga saat ini komputer generasi kelima akan terus berkembang dan akan semakin canggih. Tak menutup kemungkinan akan muncul komputer generasi keenam. Dengan memanfaatkan teknologi yang terus dikembangkan.


Cukup sekian bahasan kami tentang "Evolusi dan Kinerja Komputer". Jangan lupa like dan follow akun sosial media kami. Bantu share jika dirasa artikel ini bermanfaat, Terimakasih.
Related Posts
Situsnesia.com
Tindakan menyalahkan hanya akan membuang waktu. Sebesar apapun kesalahan yang Anda timpakan ke orang lain, dan sebesar apapun Anda menyalahkannya, hal tersebut tidak akan mengubah Anda
SHARE

Related Posts

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Kami, Gratis!

Post a Comment