Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

7 Situs Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona Di Indonesia

7 Situs Terpercaya Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona Di Indonesia

7 Situs Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona Di Indonesia
7 Situs Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona Di Indonesia
Situsnesia.com - Belakangan ini masyarakat dunia dihebohkan dengan kemunculan dan merebaknya virus corona. Virus corona merupakan sekelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada suatu mamalia. Virus ini dapat meyebabkan infeksi pernafasan pada manusia.

Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia, yaitu paru-paru. Virus Corona sekarang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) sebagai pandemi. Pengertian pandemi adalah suatu tanda bahwa penyakit tersebut telah menyebar luas ke seluruh dunia, bisa dibilang penyakit global.

Di Indonesia sendiri, virus corona ini menjadi viral karena menjadi banyak yang bertanya tentang asal usul virus corona serta informasi terkait virus corona. Banyak netizen yang mempertanyakan tentang mengapa virus ini bisa menyebar dengan cepat dan menjadi perbincangan dunia.

Saat ini, virus Corona telah menjakiti lebih dari ratusan ribu orang di seluruh dunia. Negara dengan total kasus terbanyak di China, Italy, dan Iran. Indonesia sendiri tercatat hingga Jumat (20/3/2020), sebanyak 369 orang positif tertular virus Corona, 32 orang meninggal dunia, dan 17 orang dinyatakan sembuh.

Sebagai bentuk antisipasi terhadap virus Corona, pemerintah pusat maupun daerah sudah membuat situs-situs resmi yang dapat diakses masyarakat untuk memantau penyebaran virus Corona. Berikut 7 situs resmi untuk memantau penyebaran virus Corona di Indonesia:

1. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

infeksiemerging.kemkes.go.id (21 Maret 2020)

Situs yang pertama adalah situs resmi dari pemerintah pusat, yakni Kementerian Kesehatan. Pantau penyebaran virus Corona dapat diakses melalui infeksiemerging.kemenkes.go.id.

2. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

covid19.go.id (21 Maret 2020)
Situs yang juga berasal dari pemerintah pusat ini diluncurkan per Rabu 18 Maret 2020 untuk membantu masyarakat melihat menyebaran virus Corona.

Situs ini juga menyediakan berita maupun informasi yang bersangkutan dengan virus Corona. Di sini juga dapat melihat berita hoaks seputar virus Corona. Untuk melihat penyebaran virus Corona, Anda dapat melalui covid19.go.id.

3. DKI Jakarta

corona.jakarta.go.id (21 Maret 2020)

Bagi masyarakat di Jakarta, Pemerintah Provinsi (DKI) Jakarta telah menyediakan situs pantu penyebaran virus Corona melalui corona.jakarta.go.id.

Baca juga: Bangopit – Media Informasi Terbaru dan Menarik

Tak hanya memantau penyebaran virus Corona, di situs ini Anda dapat mengetahui informasi mengenai virus Corona mulai dari pengertian virus Corona hingga proses penanganan pasien yang terinfeksi.

4. Jawa Barat

pikobar.jabarprov.go.id (21 Maret 2020)

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyediakan situs pantau penyebaran virus Corona di wilayah Jawa Barat melalui pikobar.jabarprov.go.id.

Tak mau kalah dari DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat bahkan telah menyediakan peta penyebaran virus Corona secara jelas daerah mana saja yang terdapat orang yang positif tertular, PDP, dan ODO.

5. Banten

infocorona.bantenprov.go.id (21 Maret 2020)

Pemerintah Provinsi Banten menyediakan situs untuk memantau penyebaran di wilayah Banten dan juga nasional melalui infocorona.bantenprov.go.id.

Update terbaru tertanggal 20 Maret 2020, pukul 18.00 WIB, terdapat 415 kasus ODP, 89 pasien PDP dan 23 pasien positif virus Corona.

Baca juga: Pilihan platfotm online gratis untuk belajar online dari rumah

6. Jawa Tengah

corona.jatengprov.go.id (21 Maret 2020)
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan situs pantau penyebaran virus Corona di wilayah Jawa Tengah melalui corona.jatengprov.go.id.

Di situs Pemprov Jawa Tengah tak hanya melihat peta sebaran pasien positif virus Corona, PDP, dan ODP, masyarakat Jawa Tengah juga dapat melihat peta rumah sakit, mulai dari nama hingga alamat rumah sakit.

Berdasarkan data tanggal 20 Maret 2020, terdapat 12 pasien positif virus Corona, 2.236 kasus ODP, dan 123 kasus PDP.

7. Yogyakarta

corona.jogjaprov.go.id (21 Maret 2020)
Masyarakat Yogyakarta bisa memantau penyebaran virus Corona melalui situs milik Pemprov Yogyakarta bernama corona.jogjaprov.go.id.

Di situs ini masyarakat juga dapat melaporkan jika ada orang yang dicurigai terkena virus Corona kepada Pemprov Yogyakarta. Update tanggal 20 Maret pukul 16.00 WIB menunjukkan 4 orang terkonfirmasi positif Corona dan 56 pasien dalam pengawasan.

Itulah beberapa situs milik pemerintah pusat maupun daerah yang dapat Anda akses untuk lebih waspada dalam mencegah tertular virus Corona yang saat ini menjadi masalah di dunia.

Sekian pembahasan kami tentang "7 Situs Untuk Memantau Penyebaran Virus Corona Di Indonesia". Jangan lupa share artikel ini bila dirasa bermanfaat. Apabila kamu memiliki rekomendasi lain, jangan sungkan untuk berkomentar melalui kolom komentar dibawah, Terimakasih.
Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.
SHARE

Related Posts

Yuk Berlangganan Artikel Terbaru Kami, Gratis!

Post a Comment