Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

3 Penyebab Asam Lambung Naik dan Bagaimana Cara Menanganinya

3 Penyebab Asam Lambung Naik dan Bagaimana Cara Menanganinya

Penyebab asam lambung naik adalah katup antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Terdapat beberapa gejala jika asam lambung naik seperti rasa terbakar di dada atau kerongkongan, mulut terasa pahit, perut terasa perih serta mual. Gejala tersebut tidak selalu muncul pada setiap orang. 

Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat terpicu dari kenaikan asam lambung. Penyakit asam lambung ini memang bukan penyakit yang mematikan namun, jangan sampai Anda anggap sepele. Komplikasi dapat terjadi jika tidak segera melakukan pengobatan yang diperlukan untuk mengatasi asam lambung naik. 

Daripada mengobati penyakit asam lambung dan terlebih dahulu harus merasakan sakitnya penyakit ini, lebih baik Anda mlakukan pencegahan sejak sekarang. Dengan mengenali beberapa penyebab dari penyakit ini, Anda bisa mencegah dengan menghindari beberapa penyebab tersebut.

Penyebab Asam Lambung Naik dalam Kehidupan Sehari-hari

3 Penyebab Asam Lambung Naik dan Bagaimana Cara Menanganinya

Gejala asam lambung naik yang paling utama adalah munculnya rasa terbakar di dada dan akan bertambah parah jika berbaring atau setelah makan. Terlalu sering bersendawa dan merasa sesak napas juga merupakan gejala dari naiknya asam lambung. Orang yang menderita asma memiliki risiko lebih tinggi terkena GERD. 

GERD dapat terjadi jika cairan isi lambung yang bersifat asam naik ke kerongkongan akibat katup tidak tertutup dengan sempurna. Masalah pencernaan ini akan membuat Anda sangat tidak nyaman. Untuk menghindarinya berikut beberapa hal yang dapat memicu terjadinya permasalahan katup sehingga asam lambung menjadi naik:

1. Kelebihan Berat Badan

Orang-orang yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau dapat disebut sebagai obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami naiknya asam lambung. Sfingter esophagus atau katup antara kerongkongan dan lambung dapat mengalami kelemahan dengan sendirinya pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

2. Mengonsumsi Makanan Pemicu

Beberapa makanan dapat menjadi penyebab asam lambung naik jika dikonsumsi dengan tidak tepat dan berlebihan. Sebagian orang jika meminum kopi tanpa mengonsumsi makanan sebelumnya dapat memicu naiknya asam lambung. Alkohol dan makanan berlemak juga menjadi salah satu makanan pemicu asam lambung naik.

3. Pola Hidup Tidak Sehat 

Pola hidup yang tidak sehat seperti tidur yang tidak cukup, merokok, dan tidak berolahraga secara rutin akan membuat asam lambung naik. Berikan jeda waktu 3 jam setelah makan jika Anda ingin tidur karena berbaring setelah makan juga membawa dampak yang tidak baik.

Kurang tidur akan membuat tubuh memproduksi hormon stres yang akan memicu refluks asam lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Pastikan Anda memiliki pola hidup sehat atau waktu tidur yang cukup yaitu berkisar 8 hingga 10 jam. 

Langkah-langkah Penanganan Asam Lambung yang Naik 

3 Penyebab Asam Lambung Naik dan Bagaimana Cara Menanganinya

Penanganan naiknya asam lambung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Jika Anda sudah merasa sakit yang luar biasa dan mual, dapat dengan meminum obat-obatan untuk mengatasi penyakit lambung. Obat tersebut dapat membantu menurunkan produksi asam lambung dan menetralkan asam lambung.

Pastikan sebelum mengonsumsi obat Anda sudah mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Posisi tidur yang tidak benar dapat pula menjadi penyebab asam lambung naik. Atur posisi tubuh Anda dengan membuat bagian tubuh atas lebih tinggi dibandingkan dengan tubuh bagian bawah.

Mulai dari pinggang ke atas adalah bagian tubuh atas yang perlu ditinggikan. Untuk meninggikannya Anda dapat menggunakan bantal atau guling. Ramuan alami dapat digunakan untuk mengobati asam lambung. Ramuan tersebut dapat Anda buat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Bahan tersebut seperti jahe dan akar manis. Jahe dan akar manis dapat digunakan untuk meredakan rasa terbakar di dada yang terasa jika asam lambung naik. Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

Untuk meredakan nyeri perut, ulu hati dan mual dapat dengan mengonsumsi teh chamomile. Teh ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah susah tidur. Beberapa ramuan alami ini akan lebih baik jika didukung dengan persetujuan dari dokter karena tubuh manusia memiliki kemampuan penyembuhan yang berbeda-beda.

Kondisi asam lambung yang naik dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga, tidur dan istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan yang bergizi. Kenali penyebab asam lambung naik dan jauhi beberapa hal yang dapat memicu penyakit lambung.

Related Posts
Newest Older
Admin Situsnesia
Aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.

Related Posts

Post a Comment