Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Usaha Pertukangan Sebagai Sektor Pendukung Perekonomian Indonesia

Usaha Pertukangan Sebagai Sektor Pendukung Perekonomian Indonesia
Usaha Pertukangan Sebagai Sektor Pendukung Perekonomian Indonesia

Usaha pertukangan merupakan pekerjaan jasa yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya,usaha jasa ini dilakukan oleh sebagian besar kaum pria,meskipun tidak menutup kemungkinan ada sebagian kecil kaum wanita yang melakukannya. Usaha jasa ini cukup banyak diminati karena akses untuk bergabung cukup mudah,syaratnya hanya harus mempunyai keterampilan sesuai jenis pertukangan yang akan dilakukan. Penghasilan yang didapat dari usaha jasa pertukangan juga terbilang cukup banyak jika kita sudah menguasai teknik – tekniknya.

Sektor ini digadang-gadang sebagai penopang ekonomi hampir di tiap negara. Jasa yang diberikan adalah keahlian dan keterampilan yang hanya dapat dikuasai oleh segelintir orang saja. Sebagai contoh adalah negara Swiss. Negara ini dulunya adalah negara yang miskin. Namun, kita bisa lihat hari ini bahwa Swiss merupakan negara paling Bahagia di dunia. Pemerintah Swiss kala itu mendongkrak perekonomian dengan memajukan sektor jasa dibandingkan sektor lainnya. Buahnya adalah hari ini Swiss menjadi negara maju di Benua Eropa.

Pemerintah kita pun sedang mendongkrak kemajuan keterampilan warganya. Bisa kita lihat beberapa program pemerintah, seperti kartu pra-kerja. Pemberian subsidi bagi usaha UMKM, pelatihan kerja yang dituntut kepada setiap kepala daerah demi memajukan potensi usaha di daerahnya masing masing. 

Macam – Macam Usaha Pertukangan yang sering kita temui 

Usaha pertukangan banyak jenisnya, disini admin hanya akan menyebutkan beberapa saja dari sekitan banyak usaha pertukangan yaaa. Mari simak dibawah ini, beberapa jenis usaha pertukangan yang banyak ditemukan di sekitar kita. 

1. Bengkel Bubut 

Bengkel bubut merupakan usaha pertukangan yang mengandalkan keahlian memotong dan membuat suatu elemen berbahan dasar besi,dan dibuat dengan tenaga mesin bubut juga keahlian manusia. Bahan yang dibuat oleh bengkel bubut bisa berupa logam non besi, besi baja hingga plastik. 

Selain itu beberapa bengkel bubut juga sudah ada yang “naik kelas”. Mengapa dikatakan demikian?, beberapa diantaranya sudah dapat dikatakan manufacturing industry. Membuat spare part dengan dasar prinsip engineering yang dipasang oleh perusahaan besar. 

2. Bengkel Las 

Bengkel las sering dijumpai di gang-gang kecil atau di pinggir jalan. Jenis las yang ditawarkan beraneka macam, yaitu las listrik, las aluminium, las kuningan, las argon, dan jenis lainnya. Namun hampir kebanyakan jasa pertukangan paling banyak membuka layanan las listrik. Las listrik  adalah suatu proses pengelasan yang sumber panasnya diperoleh dari energi listrik. Ada beberapa jenis dari las listrik, yaitu Las Busur, las listrik dengan gas, las listrik dengan terak, las resistensi listrik. 

Pengelasan listrik maka dapat dilakukan penyambungan dua logam yang bertujuan mendapatkan kekuatan pengelasan yang setidaknya sama dengan logam induk atau logam dasar. Syaratnya prosedur pengelasan serta parameter pengelasan harus benar. 

3. Servis Elektronik 

Di zaman yang serba modern seperti sekarang kita sepakat bahwa elektronik adalah suatu hal yang sudah sangat lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Elektronik merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti telepon, komputer, mesin cuci, AC, dan peralatan elektronik lainnya. 

Usaha jasa servis elektronik pun semakin menjamur seiring meningkatnya penggunaan barang-barang elektronik seperti ponsel pintar, komputer atau laptop. 

4.Jasa Pemasangan Parabola 

Apakah anda memiliki parabola di rumah atau di kantor?. Benda bulat cekung ini merupakan sejenis antena. Antena parabola adalah alat penerima sinyal yang menggunakan reflektor parabola, permukaan melengkung yang memiliki bentuk penampang piringan, untuk mengarahkan gelombang radio. 

Saat ini perusahaan parabola dapat ditemukan dimana-mana, dan mereknya pun bermacam-macam. Selain itu mereka juga menyediakan jasa pemasangan parabola. Para teknisi parabola akan mendatangi rumah atau kantor yang akan dipasang antena parabola setelah membuat kesepakatan. Harga nya pun bervariasi, dari yang termurah sampai yang lumayan merogoh dompet anda.

5. Jasa Duplikat Kunci 

Seringkali kita lupa menyimpan kunci dan mencarinya hingga menghabiskan waktu. Jasa duplikat kunci merupakan solusi yang tepat bagi anda. Anda hanya perlu membawa kunci utama lalu meminta tukang untuk membuat salinannya. Proses pembuatannya pun dapat ditunggu. Kedai Jasa duplikat kunci dapat ditemukan di trotoar-trotoar jalan. Anda tidak akan kesulitan mencari kunci lagi atau saat anda lupa membawa kunci anda tidak akan terkunci lagi di luar rumah. 

6. Jasa Pengecoran Logam dan Bor 

Jasa Pengecoran dapat kita saksikan di beberapa kota pinggiran di Jawa Tengah. Sebut saja kota Tegal. Di kota ini banyak sekali pengrajin logam dengan teknik pengecoran. Untuk material dan bahan dasarnya pun sangat beragam dari mulai plastik, kuningan, alumunium, besi FCD, hingga campuran logam. 

Pengertian dari pengeboran adalah operasi yang menghasilkan lubang bulat di semua material, atau memperbesar lubang dengan bor (biasa disebut twist drill). Sedangkan makna boring adalah operasi yang bertujuan untuk memperbesar lubang yang telah dibor dengan alat potong yang bisa disesuaikan atau bor inti. Jenis bor inti meliputi counter wastafel, counter boring, reamer, tap, dan lain sebagainya. 

Nah itu saja ulasan mengenai usaha pertukangan yang sering kita temukan di sekitar kita, semoga dapat menjadi motivasi kita untuk bisa berwirausaha sesuai dengan minat dan bakat, juga menjadi wawasan tambahan.

Related Posts
Admin Situsnesia
Aku bukan pemalas. Hanya saja aku sedang menjalankan mode hemat energi.

Related Posts

Post a Comment