7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak dapat Download Foto atau Video

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak dapat Mengunduh Foto atau Video
Cara mengatasi WhatsApp tidak dapat download foto atau video

Mungkin tak sedikit orang sering mengalami masalah dimana kamu tidak bisa mengunduh atau mendownload media di WhatsApp, baik itu gambar atau foto, dokumen, audio, hingga video.


Hal tersebut disebabkan oleh berbagai kemungkinan, mulai dari koneksi internet yang bermasalah hingga kemungkinan server WhatsApp yang sedang down.


Kamu bisa memeriksa terlebih dahulu apakah zona waktu dan tanggal pada perangkat smartphone sudah tepat. Jika tanggal atau waktu tidak diatur dengan benar, maka kemungkinan kamu tidak akan terhubung ke server WhatsApp dan kesulitan untuk mendownload media berupa foto atau video.


Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar WhatsApp bisa kembali berfungsi dengan normal dan dapat digunakan untuk mengunduh media.


Berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi WhatsApp tidak dapat mengunduh media berupa foto, dokumen, hingga video


1. Periksa kembali koneksi internet

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika WhatsApp tidak bisa mengunduh foto atau video adalah mencoba untuk memeriksa koneksi internet. Apakah data seluler atau konektivitas wifi di perangkat dapat berjalan dengan baik.


Kamu bisa mencoba untuk mengakses website atau membuka sosial media lain untuk menguji apakah koneksi internet benar-benar terhubung dan tidak mengalami masalah.


Jika website atau sosial media lain tidak bisa dimuat dengan baik, maka kamu bisa mencoba memperbaiki masalah konektivitas wifi atau data seluler. Untuk masalah data seluler, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat lalu kembali beralih ke mode biasa.


2. Periksa kapasitas penyimpanan perangkat

Hal kedua yang bisa kamu lakukan ketika WhatsApp tidak bisa mendownload foto atau video adalah mencoba untuk memeriksa kapasitas penyimpanan perangkat smartphone.


Pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk penyimpanan internal atau eksternal. Jika seluruh media penyimpanan penuh, maka dapat dipastikan kamu tidak bisa mengunduh file dari WhatsApp atau media lain.


Untuk memeriksa kapasitas penyimpanan perangkat, kamu bisa membuka File Manager atau melihat melalui pengaturan. 


3. Periksa izin penyimpanan media

Kemungkinan berikutnya yang membuat WhatsApp tidak bisa mendownload file media berupa foto hingga video adalah tidak memiliki akses ke media penyimpanan.


Umumnya akan muncul pesan kesalahan ketika berupaya mengunduh media melalui WhatsApp karena kamu belum memberi akses ke media penyimpanan.


Untuk memberi izin agar WhatsApp bisa mengakses media penyimpanan, kamu bisa mencoba cara berikut. Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih WhatsApp > Perizinan aplikasi > File dan Media > Pilih izinkan akses.


Perlu diketahui bahwa akses di setiap perangkat smartphone mungkin akan sedikit berbeda dari cara di atas.


4. Coba tutup paksa aplikasi WhatsApp

Cara yang satu ini mungkin akan berhasil jika kamu sering menemui beberapa aplikasi yang mengalami crash atau macet, sehingga menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan semestinya.


Apabila WhatsApp mengalami crash, kamu bisa mencoba untuk menutup paksa aplikasi. Kamu bisa menutup paksa aplikasi yang mengalami crash dengan mengikuti langkah berikut. Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola aplikasi > Pilih WhatsApp > Klik ikon “Paksa henti” atau “Force stop” > klik “OK”.


Setelah melakukan langkah di atas, kamu bisa mencoba untuk membuka kembali WhatsApp dan mengunduh media, baik itu foto, video, hingga dokumen yang sebelumnya tidak dapat diunduh.


5. Mulai ulang atau restart smartphone

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat WhatsApp tidak bisa mengunduh gambar dan video adalah mencoba untuk memulai ulang atau restart perangkat smartphone.


Tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini, karena di beberapa perangkat memulai ulang perangkat bisa mengatasi masalah WhatsApp yang tidak bisa atau gagal mengunduh media, baik gambar maupun video.


6. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memastikan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru. Jika kamu masih menggunakan WhatsApp versi lama, maka kamu bisa melakukan pembaruan melalui toko aplikasi Google Play Store.


7. Pastikan WhatsApp tidak sedang down

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui apakah WhatsApp tidak sedang down. Karena ketika server sedang down, maka kemungkinan besar kamu tidak bisa mengunduh foto atau video di WhatsApp.


Bahkan lebih buruknya lagi, kamu juga tidak bisa mengirim chat baik secara personal maupun melalui WhatsApp Group.


Tags

#buttons=(Setuju !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda. Pelajari
Accept !