5 Jenis Kuda Termahal di Dunia, Bisa Melebihi Harga Mobil

5 Jenis Kuda Termahal di Dunia, Bisa Melebihi Harga Mobil

Kuda dikenal memiliki kemampuan dan tenaga yang cukup luar biasa saat berlari. Hewan ini seringkali dijumpai di padang rumput.

Di Indonesia sendiri, kuda dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, kesenian karapan kuda, kuda pacu untuk lomba, hingga dilatih untuk membantu tugas pasukan kavaleri berkuda.

Setiap wilayah Indonesia juga memiliki jenis kuda yang beragam seperti kuda Sumba, kuda Batak, kuda Timor, kuda Bima, dan masih banyak lagi. Kuda juga memiliki beragam jenis ukuran mulai dari kuda poni hingga kuda dewasa. Bahkan ada beberapa jenis ras kuda terbesar di dunia.

Umumnya, kuda kecil atau kuda anakan dibanderol dengan harga berkisar antara 3-5 Juta. Sedangkan, untuk kuda dewasa dibanderol dengan harga 25-30 Juta.

Namun, ternyata ada juga beberapa jenis kuda yang dibanderol dengan harga tinggi, bahkan melebihi harga 1 unit mobil. Penasaran jenis kuda apa saja yang mampu membuat kantong kering? Berikut 5 jenis kuda termahal di dunia.

1. Thoroughbred

Fusaichi Pegasus, merupakan kuda termahal dari ras murni Thoroughbred yang pernah dijual seharga 70 Juta USD. Kuda tersebut dapat dijual dengan harga fantastis karena sebelumnya telah memenangkan kompetisi Kentucky Derby tahun 2000.

Kuda pacuan Thoroughbred sendiri berasal dari negara Inggris pada abad ke-17 dan ke-18. Dimana kuda ini juga mampu menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

Umumnya, Thoroughbred dibanderol dengan harga 500 USD, sedangkan untuk kuda Thoroughbred jenis pacuan bisa melebihi 100.000 USD.

2. American Standardbred

Maverick, merupakan salah satu kuda termahal dari ras American Standardbred yang dicatatkan pernah dijual melalui acara lelang pada tahun 2019 seharga 1,1 Juta USD.

Kuda jenis Standardbred dinilai sebagai ras kuda tercepat bila dibandingkan dengan jenis kuda lainnya. Bahkan, kuda Standardbred dapat berlari pada jarak 1 mil dengan waktu tempuh kurang dari 2 menit 30 detik.

Umumnya, kuda jenis American Standardbred dibanderol dengan harga kurang dari 1.200 USD, sedangkan untuk kuda American Standardbred siap tunggang dibanderol dengan harga 8.000 USD.

3. Dutch Warmblood

Kuda ras Dutch Warmblood termahal pernah dicatat terjual dengan harga 12,8 Juta USD. Kuda ini juga dinilai sebagai kuda dressage atau kuda tunggang serasi terbaik. Maka tak heran, apabila kuda jenis ini sering tampil dalam acara Olimpiade dan Grand Prix.

Kuda tersebut dikembangbiakkan untuk pacuan sejak tahun 1960-an. Selain dilatih sebagai kuda dressage, Dutch Warmblood juga dapat menjadi kuda pemburu dan pelompat yang sangat baik.

Biasanya, kuda ras Dutch Warmblood dibanderol dengan kisaran harga 6.000 - 15.000 USD, sedangkan untuk kuda Dutch Warmblood terlatih untuk kompetisi dibanderol dengan harga 15.000 - 60.000 USD.

4. Selle Francais

Di tahun 2013, terdapat sebuah pertunjukan kuda lompat Selle Francais, Palloubet D'Halong yang terjual dengan harga 12,8 Juta USD. Kuda jenis ini lahir pada tahun 1958 dan merupakan gabungan dari nama kuda olahraga asal Prancis.

Selle Francais sendiri merupakan salah satu kuda dengan kemampuan melompat yang sangat baik. Sehingga, kuda ini juga sering ditemui dalam event dressage.

Umumnya, kuda jenis Selle Francais dibanderol dengan harga 15.000 - 50.000 USD. Namun, beberapa kuda Selle Francais kelas tinggi dapat dijual dengan harga jutaan dolar.

5. Arabian

Pada tahun 2013, Kuda ras Arab yang menjuarai kompetisi Nasional Kanada dan AS Stallion Padron, dikabarkan dinilai dengan harga 11 Juta USD.

Kuda Arab sendiri ternyata mudah dikenali karena memiliki ciri khas pada bentuk kepala yang cekung dan ekor yang menyerupai spanduk.

Kuda ini berasal dari gurun Arab yang sangat tangguh dan daya tahan luar biasa. Kura Arab juga dikabarkan menjadi salah satu ras kuda paling kuno di dunia.

Biasanya, kuda ras Arab dibanderol dengan kisaran harga 2.500 USD untuk kuda anakan/hobi, sedangkan untuk kuda Arab terlatih dibanderol dengan harga 10.000 USD. Namun, untuk beberapa kuda Arab kelas atas dapat dijual dengan harga lebih dari 100.000 USD.

#buttons=(Setuju !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda. Pelajari
Accept !