Tampak Kuat dan Gagah, Simak 5 Ras Kuda Terbesar di Dunia

Tampak Kuat dan Gagah, Simak 5 Ras Kuda Terbesar di Dunia

Kuda merupakan salah satu hewan sosial yang akan memiliki rasa kesepian apabila dipelihara sendiri. Kuda sendiri diperkirakan telah ada sejak 55 juta tahun lalu.

Manusia telah berhasil memanfaatkan beragam jenis kuda untuk berbagai kebutuhan seperti menarik gerobak atau kereta, membajak, balap kuda, hingga dilatih sebagai kuda perang. Bahkan beberapa kuda jenis tertentu bisa saja dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Kuda sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk atau ukuran tubuhnya, mulai dari kuda ringan, kuda berat, hingga jenis kuda poni.

Melansir dari Treehugger.com, seluruh kuda mini bisa disebut sebagai kuda poni, namun tidak semua kuda poni merupakan kuda mini. Ini karena, kuda mini setidaknya harus memiliki tinggi kurang dari 34 inchi.

Namun, apa jadinya jika ada beberapa kuda raksasa yang memiliki ukuran tubuh melebihi rata-rata kuda lainnya? Berikut 5 kuda atau ras kuda terbesar yang pernah ada di dunia.

1. Shire

Shire merupakan salah satu bagian dari jenis kuda terbesar dan tertinggi di dunia. Umumnya, kuda ini memiliki ukuran 17-19 lengan dengan bobot berkisar antara 1.800-2.400 pon.

Sampson merupakan kuda jenis Shire yang tercatat menjadi kuda terbesar dalam sejarah. Sampson lahir di Bedfordshire pada tahun 1846.

Kuda jenis ini seringkali dimanfaatkan sebagai kuda penarik tongkang, penarik gerobak, hingga membajak di ladang pertanian.

2. Percheron

Kuda Percheron merupakan salah satu kuda penarik yang berasal dari dari wilayah lembah sungai Huisne, Prancis. Dimana tempat tersebut dulunya dikenal sebagai Perche.

Kuda jenis Percheron terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah adalah kuda bernama Dr. LeGear.

Pada tahun 1913, kuda tersebut tercatat berdiri dengan tinggi sekitar 21 lengan dengan bobot 2.995 lbs.

3. Australian Draught Horse

Kuda Draft Australia merupakan kombinasi dari beberapa jenis kuda besar lainnya. Umumnya, kuda jenis ini merupakan kombinasi kawin silang antara kuda ras Clydesdales, Percherons, Shires, dan Suffolk Punches.

Kuda Draft Australia sangatlah populer dalam ajang atau kompetisi membajak. Ini karena, kuda tersebut dirasa mampu mewakili kekuatan hasil perkawinan silang induk kuda.

Kuda Draft Australisa memiliki tinggi rata-rata 16,2-17,2 hh dengan bobot sekitar 1.300-1.900 lbs.

4. Dutch Draft

Dutch Draft merupakan salah satu jenis kuda besar yang bisa dikatakan cukup baru, dimana kuda jenis ini muncul setelah era Perang Dunia 1.

Namun, saat Perang Dunia 2 terjadi, kuda ini mengalami penurunan jumlah yang cukup tajam, bahkan termasuk dalam kategori langka.

Dutch Draft merupakan jenis kuda yang dianggap menjadi kuda terkuat dari hasil persilangan antara kuda Ardennes dan Belgian Draf.

Maka tak heran, apabila kuda jenis ini seringkali tampil di acara pameran menarik kayu besar dan berkompetisi dalam acara membajak kuda.

5. Suffolk Punch

Suffolk Punch merupakan salah satu ras kuda paling tua dan tertinggi di Inggris Raya. Kuda jenis ini umumnya dimanfaatkan untuk pekerjaan pertanian hingga kehutanan.

Biasanya, kuda Suffolk Punch memiliki warna cokelat kemerahan. Selain itu, kuda ini juga memiliki tinggi antara 65-70 inchi dengan bobot 1.980-2.200 lbs.

#buttons=(Setuju !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda. Pelajari
Accept !