5 Kesalahan yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak


Kesalahan yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak
Kesalahan yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak

1. Membiarkan laptop dalam suhu terlalu panas

Mayoritas laptop mungkin menghasilkan suhu yang lebih panas bila dibandingkan dengan suhu rata-rata komputer desktop atau PC. Terlebih jika menggunakan laptop untuk pekerjaan berat atau bermain game. Mungkin laptop akan terasa hangat atau bahkan panas saat disentuh.

Kamu bisa membersihkan beberapa bagian laptop seperti ventilasi kipas agar laptop bisa mengeluarkan panas. Hal ini bisa kamu lakukan pada periode tertentu agar ventilasi untuk mengeluarkan udara panas laptop tidak terhambat.

2. Harddisk rusak

Umumnya, laptop saat ini telah menggunakan perangkat penyimpanan solid-state drive (SSD). SSD sendiri lebih tahan terhadap guncangan yang terjadi pada laptop. Karena SSD tidak menggunakan komponen penggerak seperti yang ada pada harddisk.

Berbeda dengan SSD, Harddisk sendiri memiliki komponen berupa disk yang terus berputar untuk melakukan baca/tulis. Sehingga, harddisk memiliki resiko kerusakan fisik yang lebih besar jika laptop sering diguncang.

Kerusakan pada harddisk umumnya akan terjadi jika kamu sering memindahkan laptop dengan keras serta dalam keadaan menyala. Maka dari itu, kamu mungkin dapat meminimalisir hal ini dengan memperlakukan laptop anda secara baik.

3. Kesalahan penanganan

Kebiasaan berikutnya yang bisa membuat laptop cepat rusak adalah mencoba untuk mengangkat laptop pada bagian layar. Memindahkan laptop dengan memegang bagian layar laptop. Terlebih jika kamu memindahkan laptop pada bagian tersebut hanya dengan menggunakan satu tangan.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kerusakan pada layar laptop, maka kamu bisa mencoba untuk memindahkan laptop dengan mengangkatnya pada body depan atau belakang laptop.

Kamu juga bisa menggunakan kedua tangan untuk memindahkan laptop dengan aman. Selain itu, kamu juga bisa memastikan untuk menempatkan laptop pada permukaan yang datar dan kokoh.


4. Kabel rusak

Hal berikutnya yang dapat merusak laptop adalah kesalahan yang bisa membuat kabel laptop rusak. Jika kamu sering membiarkan adaptor laptop menggantung, sebaiknya kamu mulai menghindari kebiasaan tersebut.

Karena, adaptor yang menggantung dapat memberi beban lebih pada steker. Hal tersebut beresiko merusak soket laptop yang mengakibatkan daya laptop tidak bisa terisi. Alangkah baiknya jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk mengatur pengkabelan pada perangkat laptop.


5. Laptop jatuh ke lantai

Bagi beberapa orang, laptop mungkin menjadi salah satu barang wajib ketika bepergian ke suatu tempat, baik digunakan untuk belajar maupun bekerja. Salah satu resiko yang sering terjadi adalah menjatuhkan laptop secara tidak sengaja.

Laptop yang terjatuh mungkin akan beresiko mengalami kerusakan, terlebih jika komputer masih dalam keadaan aktif. Hal tersebut bisa membuat harddisk bermasalah atau bahkan tidak bisa melakukan baca-tulis data.

Penggunaan tas laptop mungkin bisa meminimalisir resiko kerusakan pada laptop. Namun, pastikan tas tersebut benar-benar mampu memproteksi laptop dari benturan.
Tags

#buttons=(Setuju !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman menjelajah Anda. Pelajari
Accept !