-->
Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Menjaga Keamanan Lab. Komputer Dari Serangan Fisik

Menjaga Keamanan Lab. Komputer Dari Serangan Fisik

Menjaga Keamanan Lab. Komputer Dari Serangan Fisik
Menjaga Keamanan Lab. Komputer Dari Serangan Fisik
Situsnesia.com - Kali ini kami akan berbagi beberapa tips untuk menjaga kemananan laboratorium komputer dari ancaman serangan fisik. Keamanan Komputer merupakan suatu tindakan pencegahan dan memproteksi diri dari seluruh ancaman yang datang dari luar.

Umumnya, keamanan komputer terbagi menjadi beberapa level keamanan. Keamanan level 0 meliputi kemanan fisik (Physical Security). Keamanan level 1 meliputi keamanan database, keamanan data, dan keamanan pada perangkat. Hingga saat ini, keamanan level 1 merupakan hal yang paling riskan dan paling sering menjadi ancaman yang sangat berbahaya. Lalu, keamanan level 2 meliputi keamanan dalam jaraingan. Keamanan level 3 meliputi keamanan suatu informasi. Informasi ini dapat berupa password atau informasi pribadi lainnya. Terakhir, keamanan level 4 yang meliputi keseluruhan keamanan level 1 hingga 3.

Pada pembahasan kali ini, termasuk pada keamanan komputer level 0 yang bertujuan untuk menjaga komputer dari berbagai ancaman atau serangan fisik. Berikut merupakan daftar rancangan kebutuhan dalam mengembangkan laboratorium komputer, berdasarkan keamanan fisiknya.

Baca juga: Evolusi dan Kinerja Komputer

1. Melengkapi tiap komputer dengan kunci


Komputer yang terproteksi secara utuh mampu meminimalisir terjadinya hal yang diinginkan seperti akses atau install software secara ilegal. Hal seperti ini dapat diminimalisir dengan cara melengkapi tiap komputer dengan kunci. Biasanya kunci ini berupa socket yang terdapat pada bagian depan casing.

2. Merapikan kabel yang terhubung ke komputer dengan Self Locking Nilon/Plastik


Tiap kabel yang terhubung dengan suatu komputer, cpu, dan perangkat lainnya haruslah dirapikan dengan menggunakan self locking nilon pada sisa kabel yang ada. Hal ini bertujuan agar kabel tidak menjulur terlalu panjang hingga lantai. Sehingga mengakibatkan kabel terinjak atau terkena percikan air yang membuat umur kabel berkurang.

Hal buruk lainnya adalah ketika piranti komputer seperti mouse, keyboard hingga kabel lan dicopot dan dipasang secara berulang juga akan mengurangi umur piranti tersebut atau dapat merusak beberapa port pada RJ-45. Selain untuk keamanan, penggunaan self locking nilon juga membuat tiap ruang lab. komputer lebih bersih dan rapi.

3. Memasang tralis pada celah seperti pintu dan cendela lab. komputer


Pintu dan cendela yang dilengkapi dengan tralis memang terlihat sedikit kotor apabila tidak dibersihkan secara berkala. Namun, memberi keamanan berlapis dengan penggunaan tralis pada tiap celah ruangan mampu meminimalisir terjadinya pencurian dan pembobolan lab. komputer.

4. Larangan makan dan minum di lab. komputer


Pasti kamu sering melihat stiker bertuliskan "No Food & No Drink" pada suatu laboratorium komputer. Membuat aturan atau larangan tentang makan atau minum pada lab. komputer memang harus dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Pengguna lab. komputer bisa saja secara disengaja atau tidak menumpahkan minuman ke meja kerja. Dimana meja kerja ini memiliki kedudukan yang sangat dekat dengan perangkat komputer. Sehingga membuat terjadi korsleting dan membuat beberapa perangkat tidak dapat befrungsi lagi.

Begitu juga dengan makanan, sisa makanan akan mengotori meja kerja dan umumnya akan menempel pada sela-sela keyboard. Lama kelamaan keyboard akan mengalami penurunan fungsi atau lebih parahnya lagi keyboard akan mengalami kerusakan.

5. Memasang kabel protektor


Pemasangan kabel protektor ditujukan untuk membatasi akses pengguna lab secara langsung dengan kabel jaringan atau pada lab. komputer. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus pemotongan kabel oleh para pengguna lab. komputer yang tidak bertanggung jawab. Selain untuk keamanan, lab. komputer akan terlihat rapi ketika seluruh kabel jaringan lab ditempatkan pada kabel protektor.

Baca juga: Cara memasang kabel UTP (Straight dan Cross)

6. Memberi CCTV dengan angle menyeluruh


Adanya CCTV memang tidak mampu menggagalkan aksi pencurian atau perusakan pada lab. komputer. Namun, dengan adanya CCTV kamu dapat melihat, mengamati, dan mengevaluasi hal apa saja yang harus ditambah untuk memperkuat keamanan lab. komputer.

Sekian pembahasan kami tentang "Menjaga Keamanan Lab. Komputer Dari Serangan Fisik". Share bila dirasa artikel ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menyampaikan melalui kolom komentar dibawah, Terimakasih.
Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

2 comments

  1. tips nya bagus mas.
    ditunggu next postingan tentang menjaga keamanan lab dari serangan peretas ataupun malware.
    Ditunggu kunjungan baliknya gan.

    Salam,
    Bacaberdua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, jangan lupa sharing atau berbagi kepada sesama :)

      Delete