Z02PfDpnx2HkCEY1vO3bQ7NbKomaBV7tYzdpNk5s

Cara Menghilangkan Password Dokumen PDF yang Terkunci

Cara Menghilangkan Password Dokumen PDF yang Terkunci
Cara Menghilangkan Password Dokumen PDF yang Terkunci
Ketika akan mengakses file berformat PDF, kadang Anda tidak dapat membukanya karena terhalang oleh password. Untuk menyelesaikan masalah ini, ada cara menghilangkan password PDF yang bisa Anda coba.

Terdapat dua jenis password yang sering ditemukan di file PDF yaitu: Owner Password dan User Password. Owner Password atau yang disebut juga sebagai Change permissions password adalah istilah untuk password yang digunakan oleh orang yang memiliki file PDF tersebut.

Ada banyak hal kenapa file PDF dikasih password oleh penggunanya, diataranya adalah password ini memiliki kegunaan untuk membatasi fitur editing file seperti copy, paste, print, dan lain-lain.

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan password pada file atau dokumen berformat PDF.

1. PDF Password Remover


Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Free PDF Password Remover. Aplikasi ini bisa Anda akses fiturnya secara gratis.

Berikut merupakan cara menghapus password PDF menggunakan aplikasi PDF Password Remover:
  1. Download aplikasi Free PDF Password Remover terlebih dulu. Kemudian install aplikasi tersebut di komputer Anda.
  2. Pada proses install aplikasi, pastikan Anda memilih opsi 'integrate with Windows Explorer'.
  3. Untuk memulai proses password removing, pilih 'Add File' atau 'Add folder' (Add file untuk menambahkan satu file atau Add folder untuk menambahkan semua file yang terdapat pada sebuah folder).
  4. Carilah file atau folder tersebut kemudian pilih 'open'.
  5. Atur folder untuk menyimpan file PDF yang telah selesai nanti. Klik 'browse' yang ada di menu 'Output folder'.
  6. Tentukan folder mana yang akan menjadi tempat penyimpanan file PDF tadi.
  7. Klik 'Remove Passwords' untuk menghilangkan password yang terdapat pada file.
  8. Apabila data tidak dienkripsi, maka password dapat langsung terhapus. Tapi apabila file PDF tersebut terenkripsi maka Anda akan diminta untuk memasukkan user password.
  9. Terakhir, save file PDF yang telah selesai diproses tadi. Anda bisa menyimpannya menjadi file PDF baru atau mengganti file PDF yang memiliki password tadi.


2. Online (Tanpa Aplikasi)


Ada banyak website penyedia layanan password remover yang bisa Anda gunakan untuk menghapus password PDF. Namun yang akan dijadikan contoh kali ini adalah website SmallPDF. Cara yang satu ini sesuai bagi Anda yang tidak ingin repot harus men-download dan meng-install aplikasi lagi di komputer.

Berikut merupakan cara menghapus password PDF tanpa menggunakan aplikasi atau online:
  1. Buka situs SmallPDF dari browser Anda, lalu pilih fitur 'unlock pdf'.
  2. Klik 'Choose file' untuk membuka file PDF yang terproteksi. Anda juga bisa melakukan ini dengan menarik dan menjatuhkan (drag and drop) file PDF tersebut pada laman SmallPDF.
  3. Tunggu sebentar sampai file PDF terbuka. Kemudian akan muncul peringatan bahwa tindakan yang kita lakukan adalah ilegal atau melanggar hukum.
  4. Beri tanda centang pada opsi 'I pinky swear that i have the right to edit this file and remove its protection'. Selanjutnya klik 'Unlock PDF'. Tunggu sampai proses tersebut selesai.
  5. Setelah selesai, save file PDF tersebut dengan cara mengklik tombol 'Download'.

3. Google Drive


Cara selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menghapus password yang memproteksi file PDF adalah dengan menggunakan Google Drive. Cara ini bekerja dengan cara melakukan konversi file PDF tersebut menjadi file Word. Dengan demikian password yang ada pada file PDF tersebut akan terhapus.

Berikut merupakan cara menghapus password PDF melalui Google Drive:
  1. Buka Google Drive kemudian login dengan akun Google Anda.
  2. Buka menu pengaturan kemudian pada pengaturan umum pilih 'Convert uploaded files to Google docs editor format'.
  3. Klik 'upload PDF ke Google Drive'.
  4. Klik kanan pada file PDF tersebut lalu pilih 'open with Google Docs'.
  5. Langkah terakhir, buka file lalu pilih 'Download as Microsoft Word' (.docx).

Kesimpulan

Ada 3 cara menghilangkan password PDF, yaitu dengan meng-install aplikasi pihak ketiga, dengan menggunakan website-website  converter secara online, dan menggunakan Google Drive. Pilihlah cara mana yang paling nyaman dan paling mudah menurut Anda.

Ini merupakan artikel yang dikembangkan oleh liatsini bersama dengan situsnesia untuk memberi manfaat berupa informasi bagi masyarakat luas.

Kamu bisa membaca tutorial komputer lainnya di laman liatsini yang berisi informasi seputar permasalahan tentang komputer. Share bila dirasa artikel ini bermanfaat. Bila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar dibawah, Terimakasih.
Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment