vzAKmUfCo3Xdw26Dhp663nwxGWdbx5CMnYFhu4GO

Apa yang kamu cari? Mungkin Google Bisa Bantu

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri
Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Meskipun tahun telah berganti, virus corona tak kunjung menghilang dari bumi. Seluruh negara di dunia hingga saat ini masih menghadapi pandemi virus Corona yang tak tau kapan ujungnya.

Semua orang kini harus patuh dengan protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik menggunakan sabun ataupun hand sanitizer.

Bagi kamu yang belum tau, hand sanitizer merupakan cairan atau gel yang digunakan untuk membersihkan kuman dan membasmi virus pada tangan. Isi hand sanitizer bukanlah air dan sabun, melainkan alkohol dengan kadar tertentu.

Selama masa pandemi ini mungkin kamu telah keluar cukup banyak uang untuk membeli benda satu ini. Ketika sudah habis, kamu membeli yang baru lagi supaya bisa digunakan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Tapi tahukah kamu? Sebenarnya hand sanitizer atau pembersih tangan bisa kita buat sendiri dari bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan. Cukup dengan tiga bahan yaitu alkohol 99% atau isopropyl 3/4 wadah, tea tree oil atau lavender, dan gel Aloe Vera 1/4 wadah kamu sudah bisa membuat hand sanitizer sesuai dengan standar Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Kalau bisa lebih hemat mengapa tidak? Pada artikel ini, aku akan memberikan panduan kepada kamu bagaimana cara meracik pencuci tangan sendiri menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas.

Sebelum itu, pastikan kamu mencuci peralatan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer agar steril ketika dipakai. Panduan selengkapnya mari ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Campurkan seluruh bahan ke wadah yang steril. Jangan gunakan tangan kosong ketika mencampurkan bahan ke dalam wadah, tetapi pakailah sendok plastik yang bersih dan kering.
  • Kalau sudah tercampur semua, kamu bisa menuangkannya ke dalam botol yang steril.
  • Hand Sanitizer buatan sendiri telah siap digunakan.


Cara Membuat Hand Sanitizer Menurut Anjuran Anne Marie Helmenstine

Anne Marie Helmenstine, Ph. D. adalah seorang ahli biomedis yang berasal dari University of Tennesee, Knoxville. Beliau menyarankan pembuatan hand sanitizer menggunakan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Essential oil 8 hingga 10 tetes.
  • Gel Aloe vera sebanyak 1/3 cangkir.
  • Iopropyl akhohol atau etanol dengan kadar 60% sampai 90% sebanyak 2/3 gelas.
  • Botol sabun steril.
  • Sendok dan mangkuk.
  • Corong.

Cara pembuatannya juga tidak jauh berbeda dengan cara pertama, yakni dengan mencampurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah yang steril.

Jika sudah tercampur, pindahkan ke botol telah steril. Bagaimana, sangat mudah bukan? Aku sarankan kamu menggunakan takaran sesuai dengan petunjuk di atas, jangan sampai kurang ataupun lebih sedikit pun. Takaran di atas sudah berdasarkan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO) sehingga sangat aman kalau digunakan.

Kamu juga bisa membuatkan orang lain yang ada di rumah dengan cara yang sama. Mari budayakan hidup bersih agar kita terhindar dari virus Corona.

Related Posts
Situsnesia.com
Yuk, berani bergerak maju dan melawan rasa takut.

Related Posts

Post a Comment